kamera, fotografi dan arti sebuah foto

berbagai kamera yang saya gunakan dari waktu ke waktu

Saat ini kamera bukanlah lagi suatu barang yang mewah dan dimiliki oleh hampir setiap orang, mulai dari kamera hp, kamera poket, kamera analog, kamera DSLR, kamera pengintai dan jenis kamera lainnya. Dari tiap jenis kamera tersebut hanya harga dan kemampuannya saja yang berbeda-beda, karena pada dasarnya fungsi dari kamera sama yaitu sebuah alat untuk merekam cahaya, cahaya yang direkam berupa  moment menghasilkan suatu gambar, hasil dari kamera biasa di sebut foto dan seni dalam merekam cahaya untuk menghasilkan sebuah foto biasa di sebut dengan fotografi (photography), orang yang melakukannya di sebut sebagai fotografer.

Bagi kebanyakan orang umum kemera hanyalah sebuah kamera, hanya sebuah alat untuk mengambil gambar, yang mana semakin mahal harga kameranya semakin di jaga, semakin murah harga kameranya semakin ditelantarkan. Tapi bagi seorang jurnalis, fotografer, dan penghobi foto kamera adalah sebuah senjata yang merupakan bagian dari diri dan pekerjaan yang sulit untuk dipisahkan. Mahal atau murah kamera pasti akan dijaga dan digunakan sebagai mana mestinya, biasanya kamera yang digunakan orang-orang jenis ini memang kamera yang diatas rata-rata harganya.

Banyak orang beranggapan bahwa memilliki kamera mahal (DSLR) pasti hasil fotonya bagus, pada kenyataanya belom tentu, dari sisi kualitas gambarnya memang sudah pasti lebih bagus pake kamera mahal, tapi fotonya sendiri belom tentu bagus, bagus atau tidak sebuah foto bukan bergantung dari kamera yang digunakan tapi bagaimana orang yang menggunakannya. Jika di analogikan seperti ini, andaikan seorang yang tidak mengerti tehnik memfoto dan seorang wartawan yang mengerti tehnik memfoto, di tempatkan dalam suatu kondisi dan moment yang sama dan menggunakan sebuah kamera yang sama, pastilah wartawan tersebut mampu menghasilkan sebuah foto yang baik, karena tau apa yang ingin diambil dan bagaimana cara mengambilnya, apapun kamera yang digunakan, dan semakin bagus kamera yang digunakan si wartawan maka kulitas foto tersebut semakin baik pula.

Mengapa orang yang serius menekuni fotografi memilih menggunakan kamera DSLR, karena kamera DSLR menghasilkan kualitas gambar yang lebih bagus dari pada kamera poket biasa, memiliki fitur yang lebih banyak dan penggunaan kamera bisa di sesuaikan, selain itu lensa bisa di ganti-ganti di sesuai dengan kebutuhan dalam mengambil gambar. DSLR mampu menyimpan gambar dalam jumlah yang banyak dalam bentuk digital tidak menggunakan film (roll) seperti kamera analog, walaupun penggemar kamera analog sendiri juga banyak. Intinya kebutuhan kamera tiap orang itu berbeda-beda tergantung jiwa si orang tersebut dan bergantung dari jenis atau aliran foto yang ingin di hasilkannya.

Banyak saya temui orang-orang yang memiliki kamera bagus dengan harga mahal yang lensa-lensanya berjejer rapi di dalam lemari koleksinya, jika pergi kemana-manan selalu menenteng kameranya layak orang berangkat perang, tapi hasil fotonya kok malah biasa saja. Orang seperti ini bisa di bilang lebih kepada penghobi kamera tabi bukanlah seorang fotografer yang baik, karena tidak tau apa yang ingin di jepret menggunakan kamera mahal yang dia miliki.

Ada juga orang yang saya temui hanya menggunakan kamera yang bisa di bilang biasa saja dengan lensa yang cuma satu-satunya, tapi foto hasil jepretannya luar biasa, orang ini baru pantas disebut fotografer karena tau apa yang dijepret dan tau bagaimana menggunakan kamera yang dia punya.

Jika di dalam dunia musik ada jenis musik rock, blues, pop, reage, jazz dsb, di dalam fotografi juga demikian, biasanya foto dibagi menjadi dua berdasarkan tempat pengambilan gambar yaitu indoor dan outdoor, yang mana aliran dalam fotografi sendiri bermacam-macam, ada nature, landscape, human interes, still life, model, makro, jurnalistik, potret, arsitektur, artistik  dan lain sebagainya.

Saya sendiri mengenal kamera DSLR baru pada tahun 2011, yang pada awalnya bingung mau memilih kamera dengan merk A, B, C, D dst. Hingga akhirnya saya kembalikan pada kebutuhan saya. Saya menggunakan kamera tersebut untuk memfoto apa? Fitur dan fungsi apa saja yang dimiliki oleh kamera? dan berapa budget yang saya miliki? setelah di teliti kamera yang saya pilih adalah ini

Awalnya saya berfikir bahwa dengan menggunakan kamera DSLR bisa menghasilkan foto yang bagus tapi ternyata tidak segampang itu, banyak hal yang berperan untuk bisa menghasilkan foto yang bagus. Beberapa faktor yang menurut saya penting berdasarkan pengalaman selama saya mengambil gambar dengan menggunakan DSLR.

  • Tau bagaimana cara menggunakan kamera/lensa yang di miliki/gunakan.
  • Tau apa objek yang mau kita foto, latar di belakang objek, warna objek, kecepatan gerakan objek, jarak objek dan lain sebagainya
  • Tau bagaimana teknik mengambil foto mulai dari sudut pandang foto, apakah diambil dengan cara duduk, berdiri, miring, tengkurap, terlentang dan sebagainya.
  • Tau tehnik pencahayaan, dari mana arah cahaya, seberapa keras intensitas cahaya dan lain sebagainya.
  • Tau apa yang mau ditampilkan/ceritakan.
  • Jangan takut-takut dan ragu ketika mengambil gambar
  • Ada di waktu dan moment yang tepat
  • Banyak belajarlah dari hasil foto milik orang lain, termasuk bertanya dan berbagi.
  • Banyaklah memfoto dan membayangkan apa yang ingin difoto, semakin banyak memfoto kita semakin belajar.
  • Yang terakhir jangan bergantung dengan software pengolah gambar.

Menurut para ahli fotografi yang pernah saya temui, tidak haram untuk mengolah sebuah foto digital menggunakan software editing, yang salah adalah ketika foto itu malah menjadi rusak akibat editing yang berlebihan atau editing yang tidak sesuai pada tempatnya, sebuah foto yang bagus sudah pasti akan bagus walaupun tanpa editing. Karena fungsi dari editing pada foto digital hanyalah untuk keperluan croping, resizeing, rotating, kecerahan dan kegelapan foto. Walaupun ada beberapa kalangan yang memang arahnya/hobinya ke seni manipulasi foto digital.

Dari melaui hal-hal di atas saya menyadari bahwa suatu foto yang bagus itu sepenuhnya bergantung dari si orang yang mengambil gambar bukan kameranya dan untuk menghasilkan sebuah foto yang bagus itu tidaklah instant butuh suatu perjalanan panjang, sampai sekarang pun saya masih belajar dan akan terus belajar.

Lalu apa arti sebuah foto? untuk orang-orang yang memang menggeluti dunia fotografi seperti wartawan dan fotografer profesional, sudah jelas foto mereka adalah pekerjaan, karya, bagian dari tugas mereka.

Bagi saya arti foto adalah moment ketika foto itu diambil yang akan menjadi dokumentasi sepanjang perjalanan hidup, karena suatu moment penting belum tentu bisa diulang dua kali/terulang lagi, oleh karena itu saya ingin foto sepanjang perjalanan hidup saya dapat dilihat orang lain, mampu bercerita kepada orang lain, bisa dirasakan oleh orang lain dan bermanfaat untuk orang lain.

Seperti sekarang ini, saya senyam-senyum sendiri melihat foto saya ketika masih sekolah di tingkat atas, muncul rasa haru dan bangga ketika melihat foto almarhum ayah, rasa rindu rumah ketika melihat foto ibu, tertawa melihat foto-foto lucu dan keseruan yang terjadi selama bertualang bersama teman-teman, dan masih banyak rasa dan kesan lainnya yang timbul dari melihat foto-foto yang pernah saya ambil selama perjalanan hidup saya sampai dengan sekarang. dan saya berusaha semua foto perjalanan hidup yang pernah saya ambil akan saya posting di blog ini.

Jadi jangan pernah ragu untuk selalu mengabadikan setiap moment yang terjadi dalam hidup, karena efeknya tidak untuk sekarang tapi mungkin 5, 10, mungkin 100 tahun ke depan. Diri kita sendiri, keluarga, teman, anak cucu, orang lain bisa menikmati foto-foto kita.

Tagged , , ,

2 thoughts on “kamera, fotografi dan arti sebuah foto

  1. juragankoppi says:

    ikut nimbrung ya,
    teknologi photography sekarang udah lebih cangggih. Dulu jaman masih SLR, semuahasil jepretan blur! Hahaha …

    practise make perfect! tapi gue juga percaya kalo photography itu dapetin moment sih yang hanya Tuhan yang tau kayanya.

    Mari… semangat motret!

Leave a Reply

