Celoteh akhir pekan

Hari jumat kemarin, dari sore saya ditemani Efan teman kuliah saya, berusaha mengubah sendiri setting pada sistem permindahan gigi si Miyabi yang tidak bekerja sebagaimana mestinya, setelah melalui perjuangan yang panjang barulah pada pukul 9 malam kami berhasil mendapatkan setingan yang pas untuk sistem permindahan gigi si Miyabi. Ternyata melakukan seting pada gear sepeda lebih sulit dan butuh kesebaran yang lebih ekstra dibanding melakukan setingan karburator pada motor hitam dekil milik saya. Wajar saja jika di beberapa bengkel sepeda terkenal biaya full servis untuk sebuah sepeda lebih mahal di bandingkan dengan biaya servis sebuah motor bebek.

Apa yang membuat saya begitu bersemangat menjadikan si Miyabi nyaman untuk di tunggangi adalah hari ini, karena pada pukul 7 malam nanti untuk pertama kalinya saya akan bersepeda mengelilingi kota Jogja bersama dengan beberapa teman kampus. Dan teman-teman yang ikut serta bersepeda yaitu Arsa, Pt, Efan, Ikbal dan Kakak Nova, saya berharap jumlah teman yang ikut bersepeda nanti malam akan bertambah.

Aktifitas bersepeda sendiri bukanlah hal baru bagi saya, saya mengenal sepeda sejak kecil dan sampai sekarang pun jika sedang pulang ke rumah saya masih sesekali bersepeda bersama adik perempuan saya. Lain di rumah lain pula di Jogja, buat saya bersepeda di Jogja merupakan sebuah aktifitas baru yang bisa memberikan penyegaran dan sedikit olah tubuh di selela-sela kesibukan saya di jogja saat ini, yang mana waktu saya lebih banyak di habiskan sendiri, duduk tenang menulis di depan komputer, entah itu menulis blog untuk kegiatan 31harimcsmenulis atau sekedar menyelipkan satu, dua buah kata tambahan kedalam proposal tesis saya yang prioritasnya masih berada di bawah kegiatan 31harimcsmenulis.

Saya belum bisa fokus mengerjakan proposal tesis sebelum 31harimcsmenulis ini selesai, bukan berarti saya mendahulukan hal yang kurang penting di atas hal yang lebih penting, kebetulan saja 31harimcsmenulis berhubungan erat dengan project pribadi saya yang sedari dulu belum juga rampung, yaitu mendokumentasikan seluruh perjalanan selama saya hidup sampai dengan saat ini ke dalam blog. Dan terbukti mengikuti event seperti 31harimcsmenulis bisa sangat efektif mengusir rasa malas untuk menyelesaikan project pribadi saya, ditambah lagi dengan adanya rekan-rekan dari para peserta 31harimcsmenulis menjadikan semangat menulis saya terasa hidup terus.

Saya tidak bisa dan tidak terbiasa mengerjakan 2 hal secara bersamaan sekaligus, karena salah satunya pasti akan ada yang harus di korbankan, lebih baik saya berusaha untuk menyelesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu baru melanjutkan pekerjaan yang lain, dengan totalitas penuh dalam tiap pengerjaannya, karena totalitas lah yang membedakan sebuah maha karya dengan hanya sebuah karya.

Lalu apa untungnya blog pribadi saya ini sehingga terkesan saya sangat bekerja keras untuk membangunnya, untung secara materi mungkin tidak ada, faktor utama yang mendorong saya hanyalah sebuah keinginan untuk berbagi, di era teknologi seperti sekarang ini tidak ada media yang lebih baik dari internet yang dapat menjadi sebuah sarana publikasi gratis dan praktis untuk dapat berbagi dengan orang-orang di berbagai belahan penjuru dunia.

Sedangkan tujuan dari blog ini secara pribadi adalah sebagai catatan dan gambaran sejarah perjalanan hidup saya. yang mungkin dampaknya tidak dapat di rasakan sekarang, tapi nanti 10, 20 bahkan 100 tahun lagi, blog ini akan menjadi luar biasa ketika anak, cucu saya membaca cerita tentang perjalanan saya.

Saya sangat senang jika ada orang yang membaca tulisan pada blog saya, walaupun tulisan saya yang alakadarnya ini hanya sekedar menjadi bahan bacaaan di waktu senggang dan hanya sekali lewat. Apalagi jika tulisan di dalam blog saya ini bisa memberikan manfaat, inspirasi dan informasi yang berguna bagi orang lain saya akan sangat bersyukur atas itu.

Jika dicermati lebih mendalam kegiatan tulis menulis seperti kegiatan 31harimcsmenulis banyak sekali mengandung filosofi di dalamnya, secara pribadi masing-masing penulis dapat belajar menuangkan suatu ide menjadi sebuah tulisan dan dapat merasakan bagaimana susahnya menuangkan setitik ide tersebut menjadi sebuah bentuk tulisan. Dan dari rasa susah yang dirasakan oleh para penulis akan timbul lah suatu rasa mengerti dan memahami arti dari sebuah tulisan ketika mereka membaca tulisan milik orang lain, dan ketika kita sudah mengerti dan paham kita jadi akan sangat menghargai tulisan-tulisan hasil karya orang lain, apalagi ketika kita mendapatkan infomasi yang berguna dari tulisan tersebut.

Menulis memiliki keterhubungan yang tidak timbal balik dengan membaca, setiap penulis pasti pembaca tapi setiap pembaca belum tentu penulis. Jika saya perhatikan rata-rata hampir semua mahasiswa ilmu komputer itu merupakan orang-orang yang gemar sekali membaca dan ahli dalam melakukan pencarian tulisan di internet dengan memanfaatkan berbagai macam tehnik pencarian pada search engine, di bandingkan dengan orang-orang yang tidak memiliki latar belakang ilmu komputer, baik itu pencarian tulisan untuk membantu menyelesakan tugas kuliah sampai dengan membantu menyelesaikan skripsi ataupun tesisi, tapi sangat di sayangkan tidak banyak dari mahasiswa ilmu komputer tersebut yang sadar untuk mau menghargai orang yang tulisannya sudah membantu mereka, bahkan untuk meninggalkan komentar berisi kata terima kasih pun tidak, hanya copas, save as, atau save bookmark lalu pergi.

Coba kita tanya kepada diri kita sendiri, apakah kita senang ketika blog kita banyak di kunjungi oleh orang lain? apakah kita senang jika tulisan kita bisa bermanfaat untuk orang lain? apakah kita senang jika tulisan kita dapat memberikan inspirasi bagi orang lain? dan apakah kita senang ketika ada komentar dari pembaca yang masuk pada tulisan kita? jawabanya sudah pasti ya. Bercerita, berbagi dan memberikan informasi itu adalah sebagian tujuan dari para penulis menuliskan tulisan mereka melalui media internet dalam bentuk blog, jika ada yang menjawab tidak atas pertanyaan di atas artinya orang itu termasuk kalangan orang dengan sifat kemunafikan yang sejati.

Hal yang sama juga berlaku bagi orang lain, setiap orang pasti akan sangat senang ketika tulisannya di baca dan di hargai oleh pembaca, apalagi ada pembaca yang berkomentar di tulisannya tersebut. Mungkin saja isi dari sebuah tulisan milik orang lain cuma hal sederhana yang sepele bagi kita yang membacanya, tapi isi dari suatu tulisan tersebut merupakan hasil kerja keras dari orang yang menuliskannya, maka budayakanlah menghargai hasil karya tulisan orang lain karena dengan menghargai tulisan orang lain maka tulisan kita pun akan sangat di hargai oleh orang lain.

Hari ini saya memang sengaja ingin beristirahat sejenak dari menulis cerita tentang perjalanan, karena menuliskan kembali suatu petualangan, lalu memilih foto terbaik dari ratusan bahkan ribuan foto perjalanan itu pekerjaan yang melelahkan. Selamat berakhir pekan

Tagged , , , ,

3 thoughts on “Celoteh akhir pekan

  1. antorology says:

    halo, bang fadhil. Sepertinya seru mengikuti proyek susah tidurnya ini..hehe.
    oya..masih ingat saya kah?🙂

Leave a Reply

