Ayo Berangkat

“Hidup itu laksana naik sepeda.
Untuk mempertahankan keseimbangan,
kamu harus tetap bergerak” 
(Albert Einstein).

Merasakan serunya bersepeda bersama rekan-rekan MCS ke Kinahrejo beberapa minggu yang lalu, membuat saya merasa membutuhkan sebuah sepeda. Setelah kurang lebih 1 minggu berpuasa dan mengurangi jatah rokok akhirnya terkumpul juga dana sebesar 1 Juta yang memang saya khususkan untuk membeli 1 buah sepeda. Sepeda yang saya inginkan hanya sepeda yang biasa-biasa saja, bisa di gunakan di segala kondisi, kuat dan yang terpeting harganya 1 Juta.

Setelah berkonsultasi dengan teman saya Efan yang mengerti tentang dunia persepedaan masa kini, menurutnya sepeda yang pas untuk kebutuhan saya adalah sepeda berjenis MTB (Mountain Bike), sedangkan untuk merk teman saya itu merekomendasikan merk Politron dan Cosmos. Saya coba mencari referensi di Internet untuk kedua merk tersebut yang ada saya malah menjadi bingung, kedua merk tesebut memiliki banyak sekali tipe sepeda untuk kelas Mountain Bike dan harganya semua di atas 1 Juta.

Apalagi sepeda dengan merk Politron, harganya paling mahal di antara sepeda SNI merk lain, bahkan ada sepeda merk Politron yang harganya mencapai puluhan juta, entah terbuat dari bahan apa sepeda tersebut, yang pasti semahal-mahalnya sepeda toh masih harus di kayuh(goes) juga menggunakan kaki.

Karena mencari dengan internet sepertinya tidak membuahkah hasil, berbekal uang 1 juta berangkatlah saya bersama Efan menuju toko sepeda di daerah Gejayan, nama tokonya Eko Sejahtera, penampakan tokonya lumayan bagus dan toko Eko ini memang spesifik menjual sepeda baru dengan merk Politron dan Cosmos. Tapi sayangnya harga di toko Eko sangatlah tinggi, jauh sekali di atas budget saya, karena toko Eko tidak kooperatif dalam masalah harga, sore itu juga saya dan effan melanjutkan pencarian ke daerah belakang Malioboro, lebih tepatnya di seberang Jogjatronik, tapi sayang setiba kami di sana semua toko sepeda dan toko lain yang ada disana sudah tutup.

Keesokan harinya yaitu tadi, Efan sudah standby di depan pintu kamar kos saya pukul 11 siang, berangkatlah kami berdua kembali bertualang mengelilingi kota Jogja demi mencari satu buah sepeda, tujuan awal kami hari ini masih sama yaitu deretan toko sepeda di seberang Jogjatronik.

Di seberang Jogjatronik toko yang menjual sepeda cukup banyak artinya pilihan sepeda jauh lebih banyak, walaupun bentuk tokonya tidak sebagus Toko Eko Sejahtera di jalan Gejayan, tapi saya optimis saya bisa mendapatkan sepeda yang saya butuhkan dengan harga 1 juta di sini.

Setelah berkeliling di beberapa toko di kawasan seberang Jogjatronik, dapat saya simpulkan bahwa harga sepeda di sini lebih murah dari pada di toko Eko Sejahtera yang ada di daerah Gejayan dan harga sepeda disini bisa di tawar. Selain itu juga di sini terdapat banyak sekali pilihan merk sepeda, bukan cuma Politron dan Cosmos tapi ada juga ada merek Miyako, Rinai, Hicook, Kenmaster dan berbagai merk lainnya.

Singkat cerita sampailah saya dan Efan di sebuah toko sepeda yang paling berantakan di kawasan seberang Jogjatronik, segera kami masuk dan melihat-lihat sepeda yang ada di sana. Setiap kami bertanya si Engkoh ramah pemilik toko tersebut menjawab dengan menjelaskan panjang lebar semua hal detail tentang sepeda, mulai dari merk, harga, jenis, gear, dan lain sebagainya yang mana saya juga tidak mengerti apa yang di bicarakan oleh si ngkoh ini, maklum saya tidak begitu paham sepeda dan saya hanya bisa menjawab oohhh, waoo, iya iya, o gitu seolah-olah mengerti.

Tapi saya acungkan jempol untuk si Engkoh, dari obrolan tanya jawab tadi si Engkoh langsung tau sepeda yang pas buat saya, si Engkoh langsung menunjuk ke arah dua buah sepeda MTB dengan merk Miyako, untuk Miyako tipe Miyabi xc-01 harganya 1.1 juta dan Miyako tipe Miyabi xc-73 harganya 1.7 juta. Kondisi kedua sepeda tersebut baru tapi stok lama, sudah berdebu dan banyak sarang laba-labanya. “ngabisin stok lama” alasan si Engkoh kasih harga kedua sepeda itu murah kepada saya, setelah di liat-liat dan di teliti Miyabi xc-01 pilihan yang bijak dan tepat buat saya, saya coba tawar 900ribu tapi si Engkoh menolak dan memberi harga akhir 1.075.000 + bonus gembok sepeda.

Setelah sepeda selesai di seting oleh para mekanik, sepeda langsung saya goes pulang menuju kamar kos saya di daerah Condong Catur. Pukul 1 siang bersepeda dari Jogjatronik menuju Condong Catur bukan lah hal yang bijak untuk di lakukan, jangan di coba karena panasnya gila-gilaan, mana saya belum makan dari pagi, untung saja saya orang yang optimis dengan tubuh yang cukup atletis walaupun napas saya senen-kamis, jadi cukup mudah untuk menerobos kemacetan di lampu merah menggunakan sepeda. Efan yang mengendarai motor pun kalah cepat dengan saya yang sampai lebih dulu di terminal Condong Catur. Tapi cukup sekali ini saja saya bersepeda di siang bolong dari Jogjatronik menuju Condong Catur.

Rencananya nanti selain bersepeda santai bersama rekan-rekan MCS diwaktu senggang, si Miyabi akan saya gunakan rutin untuk bersepeda di sore hari menggatikan kebiasaan lari sore sendiri saya. Semoga si Miyabi kuat melayani saya.

Miyabi tampak kanan

Miyabi tampak belakang

Miyabi tampak kiri

Spek dari Miyabi xc-01 :

Frame : MTB 26″ x 400 mm Steel
Fork : MTB 26″ Steel
Brake F/R : Steel V-Brake
F/Derail : Shimano FD-C051
R/Derail : Shimano RD-TX70
SFT/LVR : Shimano SL-RS43-7
Wheel Set : Alloy 26″
Free Wheel : Shimano MF-TZ31 14-34T

Spek dari Miyabi xc-01 kurang lebih sama dengan spek merk Politron Monas-01 yang harganya jauh lebih mahal. 
Tagged ,

7 thoughts on “Ayo Berangkat

  1. […] sesuatu yang berbeda dari biasanya yaitu berkeliling kota Jogja di malam hari dengan menggunakan sepeda. Tapi saya tidak bersepeda sendirian saya berangkat bersama dengan 6 orang teman-teman MCS […]

  2. MCendana says:

    “Semoga si Miyabi kuat melayani saya.”

    Semoga ya, Di hahaha…
    Tulisan yang bagus.

  3. tudipa says:

    Berangkatttt!!🙂

Leave a Reply

