Kejutan di Taman Nasional Alas Purwo – Resort Grajagan – Pos Bedul

Setelah menghadiri resepsi rekan kami Ervin K D di Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Saya, Hamid, Mba Erma, Ummu dan  ditambah 1 pemuda lokal yang baik hati Rully, rencananya kami akan bermain-main di Taman Nasional Baluran yang sudah cukup terkenal dengan savana dan satwa liarnya itu, tapi lokasi TN Baluran yang berada di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo itu ternyata berjarak sangat jauh dari Purwoharjo. Keterbatasan transportasi dan waktu mengharuskan kami membatalkan perjalanan ke TN Baluran.

Pembatalan tidak membuat saya kecewa, berkat jasa dari si Interaksi dan Sosialisasi dengan penduduk setempat terkumpulah informasi tentang TN Alas Purwo yang katanya mirip TN Baluran, bedanya TN Alas Purwo ini cukup tidak terkenal tapi memiliki jarak lokasi yang sangat dekat dengan Kecamatan Purwoharjo. Buat saya tidak terkenal bukan berarti tidak bagus dan semakin tidak terkenal artinya semakin sedikit pengunjungnya, semakin sedikit pengunjung artinya kondisi alam masih sangat terjaga. Yah seburuk-buruknya TN Alas Purwo nanti minimal saya dan teman-teman sudah mendatangi suatu tempat, dari pada tidak mendatangi apa-apa selama di Banyuwangi🙂

Dari Purwoharjo kami berangkat pukul 1 siang, perjalanan kami tempuh kurang lebih 30 menit menggunakan motor menuju ke pintu masuk TN Alas Purwo, kondisi jalan bisa dibilang cukup bagus tapi lebar jalan hanya cukup untuk 1 mobil saja, jika ada dua mobil yang berpapasan salah satunya harus minggir. Harga tiket masuk 5000/orang, parkir 1000/motor, biaya kapal 4000/orang. Awalnya saya cukup bingung untuk apa ada biaya kapal toh kita mau masuk hutan kok ada biaya kapal, setelah bertanya dan berbincang panjang lebar dengan penjaga tiket masuk, rupanya akses masuk TN Alas Purwo itu ada 2, satu melalui Resort Grajagan dan satu lagi melalui resort Rowo Bendo. Akses yang kami datangi ini adalah Resort Grajagan, jika melalui Resort Grajagan kami harus menyeberangi teluk segoro anak menggunakan kapal untuk bisa sampai di Pos Bedul TN Alas Purwo.

Menyusuri hutan bakau TN Alas Purwo, Resort Grajagan

Setelah puas bertanya-tanya kami pun melanjutkan perjalanan melewati sederetan hutan Bakau (mangrove), yang mana hutan Bakau di sini merupakan yang terluas di pulau jawa (kata mas nya). Lalu tibalah kami di pelabuhan kecil untuk menyeberang menuju Pos Bedul, benar perkiraan saya tidak terkenal bukan berarti tidak bagus nyatanya TN Alas Purwo Resort Grajagan sepi, alami dan sangat terjaga.

Suasana di atas kapal penyeberangan

Pemandangan dari atas kapal penyeberangan

Kami menyeberangi teluk bernama segoro anak menuju Pos Bedul menggunakan kapal kayu yang mana kapalnya cukup unik, 2 kapal kecil yang disambung menjadi satu kapal dan diberi atap seperti rumah. Kapal mampu menampung 10 orang. Suasana teluk segoro anak sendiri sangat bersih alami dan tidak ada satu pun sampah terlihat di mata saya, airnya tenang dan di pinggirnya dihiasi hutan mangrove yang hijau. Terlihat beberapa burung bangau yang terbang rendah mencari ikan dan petani kerang yang sedang sibuk mengurusi kerang-kerangnya, saya sangat suka tempat ini.

Menuju Pos Bedul

Teluk Segoro anak dan dermaga kayu di depan Pos Bedul

Menyeberang menggunakan kapal tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya dalam waktu kurang lebih 15 menit kami sudah sampai di Pos Bedul. Biasanya si pengendara perahu menawarkan untuk berkeliling teluk dengan biaya tambahan 50 ribu, selain itu juga alternatif untuk menuju ke penangkaran penyu selain berjalan kaki, kita bisa menggunakan kapal ini dengan biaya 400 ribu rupiah untuk 1 kapal, dengan total perjalanan 5 jam pulang pergi.

Pos Bedul TN Alas Purwo

Persimpangan hutan Resort Grajagan TN Alas Purwo

Setiba kami di Pos Bedul mulai terlihat adanya turis-turis asing yang sedang asik menikmati suasana sore di teluk segoro anak. Kami melanjutkan perjalanan menyusuri hutan menuju ke pantai Bedul, perjalanan menyisir kurang lebih hanya 30 menit sudah termasuk waktu kami berhenti untuk foto-foto dan bercanda gurau. Di hutan ini banyak sekali kami temui monyet-monyet liar, dan yang paling seru adalah bertemu langsung dengan rusa-rusa liar tanpa ada pagar penghalang, dalam hati kecil saya berharap mungkin saya juga bisa melihat macan tutul disini. Kondisi hutan pun cukup bersih dari sampah dan di beberapa titik sudah disediakan tempat-tempat pembuangan sampah, cuma mendekati pantai banyak sekali sampah yang berserakan di luar tempat sampah, entah pengunjungnya kurang berpendidikan sehingga tidak tau kalo benda bulat itu adalah tempat sampah atau ulah monyet liar yang mengaduk-aduk tempat sampah mencari sisa makanan pengunjung, artinya orang yang membuang sampah sembarangan sama dengan monyet🙂.

Suasana di dalam hutan menuju Pantai Bedul, TN Alas Purwo

Rusa liar di dalam hutan menuju pantai Bedul

Memasuki daerah pantai Bedul

Setiba kami di pantai Bedul, suasana di pantai sepi hanya terlihat beberapa pengunjung yang bisa di hitung dengan jari. Pantai Bedul adalah pantai dengan pasir putih yang bersih, dan pemandangan apik. Sebenarnya garis pantai cukup panjang dan asik untuk di jelajahi, tapi waktu sudah cukup sore, Pukul 4 sore kami sudah kembali lagi menuju Pos Bedul menyusuri jalan yang sama ketika kami datang tadi, karena para tukang perahu sudah mewanti-wanti kami bahwa penyeberangan terakhir hanya sampai jam 5 sore.

Nelayan yang sedang menjaring ikan dan para pengunjung yang menyaksikan

Bersantai di bawah pohon di pantai Bedul

Bersantai di atas pohon sambil menikmati indahnya pantai Bedul

Loncat dulu sebelum pulang

Dalam penyeberangan pulang kami di atas perahu, pas sekali dengan matahari yang terbenam dan menyuguhkan suatu pemandangan alam yang indah, Saya sangat bersyukur Tuhan mengaruniakan Indonesia dengan berjuta keindahan. Semua jempol saya untuk TN Alas Purwo, sebuah kejutan indah dari TN Alas Purwo, andai saya tetap memaksakan diri ke TN Baluran mungkin saya tidak akan pernah tau ada TN Alas Purwo di Jawa Timur.

Si Bapak pengemudi perahu

Suasana di atas kapal ketika matahari mulai terbenam

Sunset dan Teluk Segoro Anak

Resort Grajagan dan Resort Rowo Bendo keduanya adalah bagian dari TN Alas Purwo, artinya pengunjung bisa memilih mau masuk lewat mana. Perbedaannya jika masuk dari Resort Grajagan itu lebih dekat dengan hutan mangrove, pantai G-land tempat surving, Pantai Ngagelan tempat penyu bertelur, Pantai Bedul tempat pacaran, dan beberapa pantai lain. Dan sangat dekat untuk bisa merasakan menyeberangi teluk segoro anak menggunakan kapal, namun hutan rimbanya sedikit otomatis penampakan satwa liar lebih sedikit, biasanya hanya monyet, rusa dan beberapa jenis burung. Untuk di teluknya sendiri banyak terdapat burung bangau. Resort Grajagan bisa di akses melalui Resort Rawa Bendo melalui jalur darat Bendo begitu juga sebaliknya.

Jika melalui Resort Rowo Bendo, lebih dekat untuk menuju ke savana yang mirip dengan TN Baluran dan lebih dekat untuk menikmati menjelajah hutan-hutan tertua di pulau jawa yang katanya penuh dengan unsur magis. Banyak hutan artinya satwa liar disini lebih banyak selain monyet dan rusa ada pula banteng, binatang sejenis monyet yang namanya saya lupa dan yang paling top katanya masih ada penampakan macan tutul. Masih banyak lagi jenis binatang mamalia, reptil, unggas, dan berbagai jenis flora yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Di Rawa Bendo juga terdapat banyak goa dan ada juga pura tempat umat Hindu beribadah. Jika informasi yang saya tulis tentang Resort Rowo Bendo ada yang salah mohon koreksinya dari para pembaca.

Peta wilayah TN Alas Purwo, yang bergaris hitam adalah luas keseluruhan TN Alas Purwo, yang bergaris merah kecil adalah Resort Grajagan yang kami kunjungi

Ketika saya menulis tulisan ini saya baru menyadari bahwa ternyata TN Alas Purwo itu sangat luas, bahkan lebih luas dari TN Baluran. Bagi saya perjalanan awal ke TN Alas Purwo ini sebagai survey untuk di kemudian hari mungkin setelah tesis saya selesai, saya akan kembali lagi ke sini dan menjelajah setiap jengkalnya. Masuk melalui Resort Grajagan dan keluar melalui Resort Rowobendo sepertinya suatu ide yang bagus, ada yang mau ikut???

PS : terima kasih kepada ervin dan suami yang sudah berbaik hati meminjamkan kameranya🙂

Tagged , , , , , , , ,

3 thoughts on “Kejutan di Taman Nasional Alas Purwo – Resort Grajagan – Pos Bedul

1. dekill says:

hahaha karena biasa di luar aja dra,
    semua foto di postingan ini di ambil pake kamera pinjaman canon 550D lensa 18-55mm, filter UV. kecuali foto peta yag paling bawah itu pake nokia, kamera ku abis batre charger ketinggalan di jogja.
    kalo dari sisi teknis pengambilan gambar nya. waktu itu jam 3 siang, perhatiin bayangan di foto itu dra, sinar matahari dateng dari sebelah kanan perahu, trus aku agak sedikit jongkok dengan posisi di bawah atap perahu, jadi terlindung dari cahaya matahari, trus aku ambil dngan posisi lensa agak kebawah supaya sinar matahari gak terlalu keras, makanya dapet semua detail dan warnanya.
    kalo matahari pas di depan perahu pasti siluet itu gambarnya, aku agak kesulitan juga pake canon terutama ketika pake manual dengan flash, ketika flash hidup maksimal speed nya cuma 200.
    sedikit share ndra di beberapa foto kayak foto waktu 4 orang loncat itu melawan matahari agak kebawah juga angle nya jadi cahaya matahari gak begitu keras, trus foto nelayan lagi ngejaring itu sebenernya kegelapan karena aku sulit untuk bisa cepat mengatur bukaan lensa di canon.
    setelah aku bandingkan, hasil foto pake canon warna memang lebih biru dan menyala di banding pake nikon, tapi ketajaman gambar tetap milik nikon, setingan WB dan faktor lensa mungkin juga mempengaruhi.
    untuk editing gambar cuma di lurusin sedikit hirozontalnya dan croping. tolong koreksinya ya ndra kalo ada tulisan ku yang salah terutama tentang kamera canonnya.

2. Saindra Santyadiputra says:

Makin mantap teknik fotonya! Itu fto no. 4 dr atas gmn caranya di? Biasanya klo fto gtu objek orangnya malah jadi siluet. Apa karena CPL?