suatu sore di pantai grajagan

Pantai grajagan dan karangnya

Sore ini saya sangat bersemangat karena akan jalan-jalan sejenak ke pantai grajagan salah satu pantai yang ada di daerah purwoharjo, berjarak 30 menit menggunakan motor dari rumah tempat saya dan teman-teman menginap.

Saya baru menyadari bahwa satu buah benda penting tertinggal di kamar kos saya di jogja, sebuah charger kamera, packing yang terburu-buru membuat pengalaman seperti tidak berarti. Sebelum berangkat ke grajagan saya menyempatkan untuk mendatangi beberapa studio foto di purwoharjo namun tidak ada yang mempunyai dan menjual charger untuk tipe kamera saya, mereka menyarankan agar saya pergi ke kota banyuwangi untuk mendapatkan charger yang sesuai dengan batre kamera saya. kota banyuwangi berjarak cukup jauh 70 kilo dari tempat saya tinggal, mau tidak mau saya harus pasrah memanfaatkan sebaik mungkin sisa batrai kamera yang tinggal 3 bar, sambil memikirkan solusi jika batre kamera saya habis.

Pantai grajagan dari atas perbukitan

Pukul 4 sore saya dan teman-teman berangkat ke pantai grajagan di pandu oleh Ruli seorang pemuda lokal asli purwoharjo, pantai grajakan cukup mudah di capai, petujuk arah cukup jelas dan jalanannya pun cukup bagus. sedangkan pemandangan sepanjang perjalanan adalah hutan jati. mendekati kawasan pantai terdapat perkampungan nelayan dan tempat pelelangan ikan. Masuk pantai grajagan tidak di pungut biaya siapa saja bebas untuk menikmati pantai, cuma saja transportasi di daerah sini sangat sulit, untuk jalan-jalan hanya bisa menggunakan kendaraan sendiri atau menyewa ojek dan itu pun tidak banyak.

Sisi kiri pantai grajagan, tempat kapal-kapal nelayan berlabuh

Pantai grajagan adalah pantai berpasir hitam yang terbagi menjadi 2 bagian oleh perbukitan, pantai di sisi kiri merupakan tempat kapal nelayan berlabuh membawa hasil tangkapan laut, sedangkan sisi kanan merupakan tempat untuk para wisatawan biasa menikmati pantai. Secara pemandangan pantai ini biasa saja, karena pantai ini sepertinya memang di khususukan untuk tempat pelalangan ikan. suasana pantai sore itu cukup sepi dengan suasana bermandikan cahaya matahari kekuningan  yang syahdu, pantai ini cukup layak jadi di jadikan objek wisata lokal tapi sayang nya pantai di sisikanan sangat-sangat kotor, penuh sekali dengan sampah sisa-sisa pengunjung yang datang, sepertinya kesadaran pengunjung akan kebersihan sangat minim bahkan mungkin di tingkat paling rendah.

Sisi kanan pantai grajagan dari atas bukit

Berdasarkan informasi dari ruli si pemuda lokal yang baik hati sudah memandu kami, pantai grajagan adalah pantai paling jelek di kawasan selatan banyu wangi, masih banyak pantai -pantai lain yang jauh lebih bagus. dan mungkin lusa setelah semua acara utama di purwoharjo selesai saya akan berkunjung ke pantai-pantai bagus tersebut. Kami meninggalkan pantai sebelom gelap karena harus tiba di rumah pengantin sebelum acara manggulan di mulai, manggulan adalah malam lajang terakhir bagi perempuan sebelum menikah di keesokan harinya.

Jalan menuju pantai grajagan

Tagged , , , , ,

3 thoughts on “suatu sore di pantai grajagan

  1. danjau says:

    Habis dari pantai grajagan bulan kmrn saya mas……masuknya sekarang bayar….

Leave a Reply

