Pantai Depok – Bantul

Tulisan di dinding, jalan parang tritis

Saya mendengar nama pantai depok sudah cukup lama, tapi baru kali ini saya dan para sahabat-sahabat berkesempatan mendatangi pantai ini, selain termasuk rencana jalan kami setelah UAS kebetulan juga ada salah satu sahabat saya yang berulang tahun pada hari itu. Dari jogja perjalanan kami tempuh kurang lebih 1.5 jam menggunakan motor, jika musim libur sekolah bisa 2 jam karena jalan parangtritis biasanya cukup padat.

Suasa pantai depok

Lokasi pantai depok berdekatan dengan pantai paraktritis, tepatnya di kecamatan kretek, bantul, jogjakarta. Transportasi untuk menuju ke pantai ini bisa menggunakan motor atau mobil, untuk menuju ke pantai ini cukup mudah sama seperti jalan menuju pantai parangtritis, dari jogja dapat melalui jalan parangtritis melewati pasar seni gabusan, pusat kerajinan kulit terus sampai bertemu dengan gerbang masuk pantai parangtritis, kita tinggal berbelok ke kanan dan mengikuti jalan utama.

Foto bersama

Setiba kami di parkiran pantai ini cukup ramai oleh pengunjung apalagi weekend seperti sekarang ini, sebelum menuju bibir pantai kami sempat berkeliling sebentar dan melihat-lihat tempat pelelangan ikan (TPI), TPI ini lah yang membuat pantai depok cukup terkenal dan berbeda dengan pantai-pantai lain yang ada di jogja.

Tradisi basah-basahan

Setelah melewati TPI kami lanjut berjalan menuju bibir pantai, satu lagi yang berbeda dengan pantai lain di jogja adalah pasir pantai ini berwarna hitam. seperti layaknya pantai banyak pengunjung yang terlihat bermain air dan pasir di pinggir pantai, tapi pengunjung tidak di perbolehkan berenang di pantai ini karena ombaknya yang ganas dan palungnya yang dalam, banyak juga pengunjung yang bermain layang-layang di pantai ini dan sepertinya pantai ini memang tempat yang asik untuk bermain layangan. Di pantai ini juga di sediakan penyewaan MPV (sejenis motor beroda 4) yang bisa kita gunakan untuk berkeliling pantai, pantai depok cukup luas dan lebar dengan warung – warung makan berjejer di sepanjang pantai, yang kurang menyenangkan di pantai ini banyak sekali sampah plastik.

Kuliner laut pantai depok

Berbeda dengan pantai di kawasan gunung kidul yang masih sepi dan berkesan adventure di pantai depok ini kebanyakan pengunjung memang datang untuk ber-rekreasi atau berkumpul bersama keluarga dan rekan-rekan sambil menikmati kuliner laut. Kami sengaja datang ke pantai ini untuk menikmati kuliner lautnya yang terkenal enak dan murah, selain itu juga di pantai ini kami ingin menikmati kebersama yang penuh kehangatan dan canda-tawa.

Sorang anak bermain layangan

Untuk makanan laut kita bisa membeli sendiri di TPI lalu meminta di masakan di warung – warung yang ada di sepanjang pantai atau jika tidak mau repot kita bisa lansung memesan di warung yang ada. Warung makan disini cukup cepat dalam menyajikan makanan, untuk porsi 30 orang hanya butuh waktu 30 menit dan makanan sudah tersaji di meja makan siap untuk kami santap.

Sunset pantai depok

Sore hari memang waktu yang tepat untuk menikmati pantai ini, menjelang matahari terbenam saya sempat menelusuri sisi barat pantai untuk menikmati matahari yang terbenam, dan sunset terlihat cukup indah disini, dari semua pantai di jogja yang pernah saya datangi cuma di pantai ini saya bisa menikmati sunset.

Sisi kanan pantai depok, tempat yang tepat untuk menikmati sunset

Tagged , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: