pencarian keril(carrier) baru

kiri (osprey atmos 50 grey – 2011), kanan (deuter futura 32 – 2008)

Sudah beberapa tahun tas deuter futura 32 menemani setiap perjalanan saya, mulai dari menjelajah gunung, pantai, hutan hingga berpindah dari satu kota ke kota lain. Sedikit komentar saya tentang tas ini: tidak mengecewakan, nyaman, kuat, pas dengan postur tubuh saya (yang imut) dan yang terpenting cukup untuk diisi: tenda kyberpas kapasitas 2 orang, nesting (mini trangia atau buterfly), pakaian ganti untuk beberapa hari, makanan untuk beberapa hari, 2 botol air mineral 1.5 liter, sleeping bag, flysheet, survival kit, obat-obatan, jaket, matras dan beberapa gear kecil lainnya, meski pun ada beberapa perlengkapan tambahan lain yang biasanya saya ikatkan di bagian luar tas.

Yang saya sukai dari tas deuter futura 32 adalah :

  • fitur air comfortnya yang cocok dengan iklim indonesia yang panas, punggung jadi gak basah karena keringat
  • bentuk punggung tas dirancang sesuai dengan punggung manusia
  • rain cover sudah include dengan tas
  • tas bisa dibuka dari bagian atas dan bawah sehingga tidak menyulitkan disaat hendak mengambil barang yang terletak pada bagian bawah
  • ada Compartment terpisah pada bagian dalam tas dan atas tas
  • pengikat tracking pole (kapak es)
  • kantong botol minum di bagian luar ada 2
  • ada side poketnya
  • banyaknya tempat untuk mengikatkan tali tambahan jika dibutuhkan untuk mengikat dan membawa kelengkapan lainnya di luar tas.

Tas ini cukup melebihi ekspektasi saya ketika saat pertama kali saya memesan. Namun, setahun belakangan ini futura 32 dirasa sudah tidak mencukupi kebutuhan saya. Tambahan peralatan wajib seperti kamera DSLR dan tripod mengharuskan saya mencari tas baru dengan kapasitas yang lebih besar, tentu saja dengan kriteria yang tidak jauh beda dari futura 32.

Saya menemukan beberapa pilihan tas yang cukup menarik, yaitu Deuter Air Contact 55+10, Jack Wolfskin Denali 65L, Gregory Z55, dan Osprey Atmos 50. Butuh waktu 1-2 minggu untuk memilih mana yang terbaik di antara tas tersebut karena setiap tas memiliki teknologi, fitur dan kelebihan masing-masing, dan satu hal yang pasti, harganya juga berbeda-beda. (arcteryx sengaja saya eliminasi dari awal karena harganya tidak bisa ditolerir lagi). Setelah membaca beberapa review dari Internet, baik dari sumber yang berbahasa Indonesia maupun inggris, saya memutuskan untuk memilih osprey atmos 50 (2011).

Untuk ukuran 50 liter, tas Osprey Atmos 50 ini seperti terlihat kecil. Dari sisi ukuran tas ini tidak jauh berbeda dengan futura 32 jika dilihat sekilas dalam keadaan kosong, tapi ketika di isi dan di gunakan baru terasa bedanya. Harnes Atmos 50 dengan ukuran S lebih kecil di banding harnes Futura 32, membuatnya lebih pas dan nyaman di badan saya. Tas ini tidak dilengkapi dengan rain cover, juga tidak memiliki bukaan kompartemen pada bagian bawah carrier. Namun, tas ini memiliki fitur yang jauh lebih banyak dibandingkan futura 32.

air comfort deuter futura 32 dan air speed osprey atmos 50

Bagi saya, tas ibarat kendaraan dalam perjalanan. Saya tidak akan bermain-main dan coba-coba ketika memilih tas yang akan saya gunakan. Kesan pertama yang saya dapatkan ketika mencoba tas ini adalah saya merasa bahwa tas ini ringan, kuat, nyaman dan cukup untuk membawa semua peralatan yang saya butuhkan, dan yang terpenting adalah garansi seumur hidup. Lalu bagaimana peformanya di lapangan? kita lihat saja nanti.

Tagged , , , , ,

15 thoughts on “pencarian keril(carrier) baru

  1. lia says:

    mas, review keril osprey 50AG gimana mas?

  2. alby says:

    bang maaf kalo tanya mau tanya info keril quechua dong?

    • dekill says:

      belom pernah pake buat jalan, cuma coba punya temen, lumayan kok worth it dengan budjet yang dikeluarin, saran pasti pilih karier disesuaikan kebutuhan, baik itu fitur, ukuran dan yang pasti harganya

  3. Ristik says:

    admin,,,,
    untuk harganya gak d’cantumin ea….
    yang air speed osprey atmos 50, berapa????
    air comfort deuter futura 32, juga berapa?????

    Proses order.nya gimana????

    • dekill says:

      hahaha lupa mau cantuminnya
      untuk deuter futura 32 dulu saya beli tahun 2008 sekitar 650 ribu
      untuk osprey atmos 2011 saya beli 1,750 ribu

      semua saya beli dari penjual lokal , coba cek di jual beli kaskus, atau oanc kaskus

  4. handi says:

    bang saya mau cari tas yang cocokl untuk berpergian 4-5 hari cz saya sering tugas ke kepulauan tipey apa yang cocok bang

    • dekill says:

      wah mungkin tas keril dengan kapasitas 60 liter cukup untuk menampung perlengkapan 4-5 hari, bisa coba deuter banyak tersedia di Indonesia

  5. bagus says:

    tanya gan,kalau beli tas osprey(manta)di indonesia dmana gan?

    • dekill says:

      wah kalo toko(distibutor) yang memang jual osprey di indonesia saya gak tau dan memang belom ada, saya biasa cari barang outdoor di forum OANC kaskus atau searching di kaskus, biasanya selalu ada yang jual dan harga cukup masuk akal, semoga membantu

    • adit says:

      Sy ad stock manta30 original oleh2 tmn dr usa mw djual murah bs cod bos karawang/jogja jwdenali 60man red n moab jm32 red jg addjual murah thnks 089639515865

  6. gisa says:

    bang dg budget 1-1,5 jt gw mw cari kerir buat nak gunung yg nginepnya gak lebih dr 3 malam.
    Kalo deuter apaan ya bang yg cocok? kalo merk lain?
    Makasih bang🙂

    • dekill says:

      dengan budget segitu bisa banyak pilihannya, pertimbangannya tinggal pergi ke gunungnya sediri atau bersama teman, kalo sendiri artinya semua peralatan harus di bawa sendiri tapi kalo sama teman bisa di bagi-bagi,

      untuk kisaran harga segitu

      coba cek :
      deuter futura vario 50+10
      deuter air contact 65+10

      atau merk vaude :
      cimone 55+10

      untuk kedua merk itu di indonesia banyak yang jual dan temen-teman bnyak yg pake, kisaran harga 900-1,2 jt

      untuk merk lain coba cek :
      jack wolfskin highland train 50
      jack wolfskin denali 60
      cuma agak susah di cari di indonesia, cek di OANC kaskus kalo lagi beruntung biasanya ada yang jual

      untuk merk lokal seperti cozmeed cukup murah di banding merk di atas tapi menurut saya kenyamanan dan kualitas masih kurang🙂

      usahakan di coba dulu sebelum beli, biar gak nyesel, terima kasih🙂

  7. affan says:

    nice info, bang..
    saya malah lagi mo nyari2 keril, mohon sarannya deuter futura vario ma aircontact 55+10 bagusan mana ya? tfs

    • dekill says:

      sebenernya keduanya hampir sama perbedaan paling mendasar hanya pada bagian punggung, kalo keril mau di pake lebih ke arah traveling pilih aircontact 55+10, tapi kalo mau di pake lebih ke arah hiking (naik gunung) pilih futura vario 50+10, Dan kalo saya pribadi lebih pilih futura vario 50+10 buat naik gunung nyaman traveling juga masuk, dan lagi futura vario ada jaring di bagian punggungnya, jadi punggung tetap kering cocok untuk iklim di indonesia. semoga membantu🙂

  8. […] turen mangkal, jangan lupa siapkan kantong plastik ukuran besar (kantong krupuk) untuk membungkus keril agar tidak kotor dan basah jika hujan, sebelum di letakkan di atas […]

Leave a Reply

