Spyderco Pacific Salt

Spyderco Pacific Salt – H1

spesifikasi detil :

Panjang mata pisau : 3 13/16 in. 97 mm
Panjang tertutup : 4 15/16 in 125 mm
Panjang keseluruhan : 8 5/8 in 219 mm
Ketebalan mata pisau : 1/8 in 3 mm
Baja mata pisau : H-1
Materi gagang : FRN (Fiber Reinforce Nilon)
Berat : 3 oz 86g

Akhirnya pisau ‘jelek’ ini sampai juga (thanks to must big bro), pisau ini melengkapi kebutuhan saya, kelebihan pisau lipat ini terletak pada baja H1 nya yang anti karat dan tentu saja brand spyderco-nya, H1 adalah baja yang di klaim oleh spyderco tahan terhadap air asin, dan inilah alasan mendasar kenapa saya membeli pisau ini.

Sejauh ini tidak banyak yang bisa saya review dari pisau ini karena baru sempat di pegang pegang saja, pisau ini mirip dengan endura 4, cukup nyaman ditangan, ringan dan slim, thumb hole (lobang bulat pada mata pisau) cukup besar jadi pisau tetap mudah di buka tutup walau menggunakan sarung tangan, cukup solid walaupun menggunakan handle FRN tanpa liner nested seperti Spyderco endura 4.

Saya harus sedikit bersabar untuk menunggu moment yang pas untuk menggunakan pisau ini, terutama untuk menguji kekuatan handle nya.  Pisau ini saya harap nantinya dapat bekerja maksimal menggantikan pisau pisau saya yang lain untuk di gunakan saat menelusuri pantai dan bermain main di laut.

Pacific Salt dibandingkan dengan Pramilitary 2

Spyderco Pacific Salt H1 dan Spyderco Paramilitary 2

Saya coba membandingkan dengan Paramilitary 2 yang sudah hampir 2 tahun saya gunakan dimanapun, kapan pun, dan kebetulan hanya Paramilitary 2 pisau Spyderco yang saya miliki di jogja, dan karena memang tujuan saya membeli pacific salt juga hanya untuk menggantikan paramilitary 2 ketika saya bermain main di pantai dan laut, selebihnya saya tetap akan menggunakan Paramilitary 2. Berikut sedikit hasil perbandingan yang saya bisa rasakan dari keduanya :

– Ukuran keduanya kurang lebih sama, cuma pacific salt sedikit lebih panjang dan tipis.

– Berat kurang lebih sama, cuma pacific salt sedikit lebih ringan.

– Paramilitary 2 lebih ergonomis dan nyaman di tangan.

– Paramilitary 2 lebih smooth, di buka dan di tutup.

– Paramilitary 2 terasa lebih kokoh, karena handle G10 dan memiliki liner di dalamnya, Pacific Salt blom di uji dan terus terang saya agak meragukan kekuatan dari handle FRN nya yang tidak memiliki liner, tapi sejauh ini cukup kuat untuk potong memotong level standar🙂.

– Baja S30v Paramilitary 2 cukup memuaskan, tajamnya tahan lama dan cukup mudah di asah. Baja H1 Pacific salt cukup tajam, tapi sampai sejauh ini belom pernah saya asah ulang, dan belom tau ketahanan bajanya.

– Baja S30v Paramilitary 2 sangat tidak tahan karat dan cukup menyebalkan untuk membersihkan karat dan bercak setelah bermain di air asin. Baja H1 Pacific salt tahan terhadap air asin.

– Ketika di bawa menggunakan clip di kantong celana hampir tidak ada bedanya.

Kesimpulan :

Paramilitary 2 tetap menjadi “perfect knife” untuk saya🙂 dan tetap akan menemani setiap petualangan saya, kecuali ke pantai dan laut. Pacific salt pilihan yang bijak untuk di gunakan di pantai dan laut, walaupun masih setingkat di bawah Paramilitary 2 tapi cukup layak di acungkan dua jempol.

Tagged , , , , ,

4 thoughts on “Spyderco Pacific Salt

  1. Ayron Tan says:

    pasific salt nya klo sudah bosan bisa…dikontak ke saya mas hehehheheee

  2. Must Seagate says:

    Sangat senang saya bisa membaca ulasan dan mengetahui bahwa seseorang sudah menggunakan pisau sesuai dengan kebutuhan dan bukan keinginan, banyak alasan orang untuk memiliki sebuah pisau, tapi yang paling menyenangkan adalah ,mendengar alasan yang sesuai dan pas dengan jati diri pemiliknya dan kbutuhan pemiliknya, Saya masih belum bisa mencoba dan menilmati seluruh pisau yang ada ditangan saya, bahkan kebanyakan hanya menjadi pajangan didalam lemari,

    Terimakasih untuk ulasan yang menyenangkan ini om / . . . .:)

Leave a Reply

