INGAT INI, Sebelum pergi berpetualang

Jalan-jalan, berpetualang atau bahasa trend nya backpakeran adalah saat-saat yang sangat menyenangkan (walupun ketiganya mempunyai arti yang berbeda), mendatangi tempat-tempat baru, menikmati alam yang belum pernah kita lihat sebelumnya, mengenal lingkungan dan orang orang dari dunia yang berbeda. Tapi banyak dari kita yang sering melupakan hal – hal kecil yang terkadang menjadi penting dan mempengaruhi nikmatnya berpetualang. Sedikit tips berdasarkan pengalaman saya yang mungkin bisa mengingatkan kita semua betapa penting nya hal – hal kecil

1. Cari informasi sedetail mungkin mengenai tempat yang ingin di kunjungi, cuaca, kebiasaan penduduk, kondisi jalan, transportasi, budaya, adat istiadat.

2. Rencanakan dengan matang perjalanan berdasarkan informasi yang telah di kumpulkan, lama waktu yang dibutuhkan, biaya yang dibutuhkan, urutan perjalanan sampai di tujuan hingga pulang kembali ke rumah, dan jalankan apa yang sudah di rencanakan, jangan lupa backup plan berguna jika apa yang sudah di rencanakan tidak berjalan sesuai keinginan. karena keberhasilan suatu perjalanan berbanding lurus dengan perencanaan.

3. Berjalan sendiri memang menyenangkan tapi akan lebih bermakna apabila di bagi dengan teman seperjalanan. Teman dengan pemikiran yang sejalan, mampu berfikir dengan tenang, tidak emosional dan bisa mengontrol ego, akan sangat menyenangkan dan membantu jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan, mengajak orang yang salah bukan hanya menyulitkan bahkan terkadang menghilangkan kenimatan dari suatu perjalanan

4. Cari tau lokasi – lokasi penting seperti rumah sakit, kantor polisi, dan posko sar terdekat dari lokasi perjalanan kita dan catat nomor telpon penting di kertas dan simpan. jadi jika hp hilang kita masih bisa melihat nomor-nomor penting yang kita butuhkan.

5. Bawa pakaian secukupnya, terlalu banyak membawa pakaian hanya akan memberatkan dan memenuhi tas, tinggalkan pakaian yang tidak dibutuhkan selama perjalanan. sebagai contoh untuk apa membawa jaket gortex doble polar kalo kita pergi ke pantai

6. Pilih tas atau koper yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan berpergian, sebagai contoh jika berpergian ke gunung gunakanlah carier yang mampu menampung semua perlengkapan hiking dengan bahan dasar yang kuat, memilliki fitur dan fungsi yang memang di peruntukan untuk hiking. Menggunakan koper dengan roda dan bisa di tarik lebih memudahkan untuk berpergian antar kota menggunakan transportasi udara atau perjalanan tugas keluar kota. Menggunakan tas punggung/ransel 20-28 liter yang memiliki banyak kompartemen di dalamnya untuk menampung barang elektronik pilihan yang baik untuk jalan – jalan berkeliling kota.

7. Gunakan lah alas kaki yang sesuai dengan perjalanan. Pergi kegunug gunakan sepatu hiking atau sandal gunung, menggunakan sandal jepit untuk naik gunung rasanya bukan pilihan yang bijak. Tapi tidak nyaman rasanya menggunakan sepatu hiking untuk berjalan menyusuri pantai.

8. Di era digital seperti sekarang hampir semua kebutuhan informasi dan telekomunikasi di tangani oleh alat – alat digital canggih, dalam suatu perjalanan penggunaaan GPS dan HP dengan fitur peta digital sudah lazim digunakan, dan menyebabkan banyak yang melupakan peta konvensional (kertas). Ada baiknya kita tetap menyimpan peta kertas di tas kita toh juga tidak memberatkan, jadi jika batre GPS habis kita masih bisa melihat peta begitu juga jika telpon seluar tidak mendapatkan sinyal kita masih bisa menggunakan peta kertas yang kita bawa.

9. Pisau atau Pisau lipat, terkadang kita tidak menyadari bahwa pisau lipat di butuhkan dalam suatu perjalan untuk mengupas buah, memotong tali, membuat pasak dan sebgainya, namun ketika sadar kita membutuhkan pisau lipat kita tidak membawa nya. Jadi jangan ragu untuk membawa pisau lipat di dalam tas, pisau lipat dengan panjang 10 cm cukup. Secara umum pilihlah pisau lipat dengan kualitas yang baik dengan alat – alat lain di dalamanya seperti bukaan botol, gunting, bukaan kaleng, ada juga pisau lipat yang terdapat tang yang bisa di lipat (pisau lipat dengan banyak tools biasa di sebut multitool). Jika harus menggunakan pesawat taruh pisau lipat di bagasi di dalam koper atau kita bisa melapor kepada petugas bandara bahwa kita membawa pisau lipat, jangan pernah membawa pisau lipat ke kabin pesawat karena akan disita oleh petugas bandara selain itu juga melanggar undang – undang penerbangan sipil.

10. Senter, alat penerangan yang juga penting dalam suatu perjalanan, kita tidak pernah tau kapan kita harus melawati lorong-lorong yang gelap, mencari sesuatu yang terjatuh di gelap malam, menelusuri jalan setapak tanpa lampu, jadi jangan pernah bepergian tanpa membawa senter apalagi jika bepergian ke alam bebas serperti gunung, hutan atau tempat – tempat tanpa listrik.

11. Tali temali bisa sangat berguna ketika mendirikan tenda, membuat gantungan baju, mengikat sesuatu untuk di letakkan di luar tas dan lain sebagainya, ada 3 jenis tali yang selalu ada dalam tas saya tali perusik, tali karet, tali plastik (rapia) masing masing dengan panjang 3-5 meter

12. Kantong plastik bisa sangat berguna baik untuk memisahkan baju-baju kotor, sebagai tempat sampah, kantong plastik obat (anti air) bisa digunakan untuk melindungi hp ketika hujan, dan masih banyak lagi kegunaan kantong plastik.

13. Tempatkan uang cash di lokasi yang terpisah – pisah, jangan menggabungkan semua uang menjadi satu di dalam dompet atau dalam tas, tempatkan sebagian di kantong celana, di tas, dan tempat tempat lain. Jadi misalnya dompet kita kecopetan atau tas kita hilang, kita masih memiliki uang cadangan

14. Bawalah kamera, apapaun kamera nya lebih baik dari pada tidak membawa kamera sama sekali, sayang rasanya jika jalan – jalan kita tidak diabadikan, karena moment belum tentu bisa diulang 2 kali

15. Buatlah survival kit sendiri, berupa peralatan untuk kebutuhan yang tidak terduga. Seperti korek api, jarum dan benang, peniti, lakban atau plester kecil, pengait, pensil kertas kecil dan peralatan kecil lainnya yang mungkin bisa berguna dalam kondisi survival, yang kesemuanya digabungkan menjadi 1 tempat, bisa berupa plastik obat, atau kaleng permen berbentuk kotak. jadi misalkan sewaktu – waktu celana kita sobek di perjalanan dan tidak ada penjual celana minimal kita masih bisa menjahit celana kita, atau butuh untuk mencatat sesuatu kita punya alat tulis dan kertas.

16. Bawalah obat obatan ringan (first aid kit), seperti obat luka, plester, plester luka, kain kasa, obat deman dan obat flu.

17. Gunakan topi, karena topi bisa melindungi bagian atas kepala kita terutama ketika kita jalan jalan ketempat dengan intensitas sinar matahari yang cukup banyak.

18. Bawalah jas hujan, jas hujan ada bermacam-macam, jas hujan sekali pakai cukup nyaman untuk di bawa bepergian, packing nya kecil dan tipis tidak akan memberatkan barang bawaan kita, harganya juga sangat murah 3000 sampai 5000 rupiah, bagi saya membawa jas hujan pilihan yang lebih tepat ketimbang membawa payung.

19. Jangan di bawa jika memang tidak perlu, sering saya temui beberapa teman yang ikut serta membawa laptopnya ketika bepergian, pada kenyataan nya laptop sangat tidak diperlukan bahkan tidak pernah dihidupkan selama bepergian, hal seperti ini hanya akan merepotkan dan membuat gerak menjadi terbatas. Punya 3 handphone tidak perlu di bawa ketiganya cukup di bawa satu saja

20. Beritahu keluarga atau orang terdekat, kemana kita akan pergi, dan kapan akan kembali. Jadi jikalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan ada yang tau kemana kita pergi, dan jika kita tidak memberi kabar sampai waktu kita seharusnya pulang akan ada yang mencari kita. Hal ini sangat penting terutama buat yang sering bertualang sendiri

21. Patauhi adat istiadat budaya setempat dan bersosialisasi, juga jaga sopan satun dan tidakan, ini perlu selain dapat memperlancar perjalanan kita, akan mempermudah kita jika membutuhkan bantuan dari peduduk daerah setempat.

semua hal di atas di tulis berdasarkan pengalaman pribadi, dan terbukti cukup memudahkan perjalanan bukan memberatkan, semoga bermanfaat

“lebih baik ada tapi tidak digunakan, daripada tidak ada ketika ingin digunakan”

Tagged , ,

One thought on “INGAT INI, Sebelum pergi berpetualang

  1. Summer says:

    Halo Travelers …
    Ada info menarik nh…

    Sekarang, hanya dengan biaya 1,5jt rupiah, kamu bisa menikmati perjalanan ke :
    1. Phuket-Phiphi Island – James Bond : 5D/4N
    2. Beijing Tour : 4D/3N
    3. Korea Tour : 5D/4N
    4. Hongkong-Shenzhen-Guangzhou : 6D/5N

    Secara FREEEEEEE………

    Bagi yang berminat dan membutuhkan info lebih lanjut, silakan lanjut secara PM ya…..🙂

    Website : http://tour.kepalanggila.com

    Many thanks Before…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: