Jalan – Jalan ke Hutan Mangrove

Hutan Mangrove

Hutan Mangrove adalah hutan yang biasa tumbuh di muara sungai tempat bertemunya aliran sungai dengan laut yang mana daerah pertemuan tersebut masih terkena pasang surut nya air laut, Hutan Mangrove biasa di kenal di Indonesia dengan nama hutan Bakau dan Indonesia adalah negara yang memiliki hutan Mangrove terluas di dunia.

Jembatan kayu yang bisa di gunakan pengunjung untuk menyusuri hutan Mangrove

Sore ini saya berkesempatan jalan-jalan ke  salah satu hutan Mangrove yang ada di daerah Denpasar bali, tepatnya di sisi Jalan By Pass Ngurah Ray sepanjang Sanur sampai dengan Tanjung Benoa. Harga tiket masuk hanya 5ribu rupiah perorang. Untuk bisa menikmati suasana hutan mangrove telah disediakan jembatan kayu yang sangat panjang dan pengunjung bisa berjalan menggunakan jembatan tersebut yang mana bagi saya jembatan tersebut cukup unik dan mejadikan hutan Mangrove menarik. Disini juga terdapat semacam bale-bale yang memang sudah di sediakan untuk piknik atau sekedar duduk-duduk santai, dan di tengah-tengah kawasan hutan Mangrove berdiri tegak sebuah gardu pandang yang mana kita bisa menikmati pemandangan di sekitar hutan Mangrove.

Suasana didalam hutan Mangrove

Hutan Mangrove ini sangat cocok untuk rekreasi dan piknik bersama keluarga, teman dan orang orang terkasih, selain bertujuan refreshing kita juga dapat mengenal lebih dekat dengan hutan Mangrove dan ekosistem yang ada di dalamnya karena secara fungsional hutan mangrove bukan hanya sekedar hutan yang tumbuh di pertemuan arus sungai dan laut tapi memiliki banyak sekali manfaat yang berguna khususnya untuk ekosistem pantai dan juga untuk manusia pada umumnya.

Gardu pandang dan seorang fotografer, yang mungkin bagi anda pencinta fotografi sudah kenal siapa dia

Gardu Pandang di dalam hutan Mangrove

Fungsi utama dari hutan Mangrove adalah untuk melindungi pantai dari abrasi dan menjaga kestabilan garis pantai,  masih banyak fungsi lainya dari hutan mangrove tapi satu yang saya paling ingat fungsi dari hutan Mangrove adalah tempat berkembak biaknya ikan, udang, kepiting yang mana biasa menjadi santapan kita sehari-hari, artinya jika tidak ada hutang Mangrove tidak akan ada sea food, oleh karenanya hutan Mangrove sangat penting untuk dijaga, dan untuk menjaganya perlu kesadaran dari kita semua para manusia.

Papan informasi yang bisa di baca di beberapa tempat di hutan Mangrove

Tagged , , , , ,

One thought on “Jalan – Jalan ke Hutan Mangrove

  1. […] : https://sarangpenyamun.wordpress.com/2012/09/24/jalan-jalan-ke-hutan-mangrove/ Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this. Published: September 23, 2012 […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: