Going To Amlapura

Selesai menikmati keindahan dan bermalam di pantai sanur, kembali kami melanjutkan perjalanan menuju Amlapura yang merupakan ibukota dari kabupaten Karangasem, letaknya yang berada di bagian timur pulau Bali berjarak cukup jauh dari pantai sanur, kurang lebih 4 sampai 5 jam.

Ada 2 hal yang menjadi tujuan utama kami datang ke Amlapura yang pertama adalah bersilaturahmi ke rumah salah satu sahabat kami I Gusti Ngurah Wikranta Arsa yang biasa kami panggil arsa dan yang kedua, yang menjadi hidangan utama saya di Bali yaitu menjejakkan kaki di puncak tertinggi Bali yaitu Gunung Agung.

Bagi saya perjalanan dari Sanur menuju ke Amlapura ini adalah salah satu bentuk petualangan yang sangat saya sukai, sebuah perjalanan panjang menuju suatu yang asing, melewati tempat-tempat yang belum pernah saya lihat sebelumnya, melihat banyak hal-hal baru, mengenal budaya dan adat istiadat yang berbeda. Mengingatkan saya kembali, betapa kayanya negeri indah tempat dimana saya berpijak.

Pantai Lebih

Pantai Lebih adalah tempat pertama yang kami singgahi dalam perjalanan menuju Amlapura, karena perjalanan masih cukup jauh kami hanya berhenti sebentar untuk santap siang menikmati hidangan kuliner laut khas pantai Lebih yang sangat di rekomendasikan oleh Leo.

Ikan segar yang siap di bakar

Ikan Bakar dan Sate Ikan

Para bapak-bapak sedang membuat semacam tenda untuk acara keagamaan di pantai lebih, Gotong royong merupakan salah satu ciri khas Bangsa Indonesia tidak terkecuali masyarakat bali

Goa Lawah

Salah satu tempat yang juga kami singgahi dalam perjalanan menuju Amlapura adalah Goa Lawah yang dalam bahasa Indonesia berarti Goa Kelelawar, tepat di depan mulut Goa berdiri sebuah Pura yang diberinama Pura Goa Lawah. Sembari menunggu Pt dan Leo beribadah, saya dan ummu pun ikut berkeliling di dalam area pura sambil melihat bagaimana umat hindu beribadah. Di pura ini pengunjung di perbolehkan masuk dan bagi yang menggunakan celana pendek atau rok mini, terdapat penyewaan kain dan selendang.

Leo dan Pt yang sedang berdoa dengan khusuk

Halaman depan Pura Lawah

Para umat Hindu yang sedang berdoa

Suasana di dalam Pura Goa Lawah

Melihat lebih dalam umat Hindu yang sedang beribadah

Goa Lawah

Bersantai di pekarangan Pura Goa Lawah

Saya, Leo dan Pt

Amlapura

Selepas Goa Lawah jalanan mulai menyempit dengan kanan kiri berupa pedesaan bali dan mendekati kota Amlapura, jalan mulai menanjak dengan kelokan-kelokan yang tajam dengan jurang yang membentang di sisi jalan. pukul 4 sore kami tiba di Amlapura. di pandu langsung oleh arsa via telpon genggam tibalah kami di rumah kediaman keluarga Bapak Putu Alit. Obrolan lepas, di barengi dengan canda tawa di lanjutkan dengan santap sore ala Karang Asem mengisi sore kami yang singkat di Amlapura, Karangasem. Keramah tamahan Bali tak akan pernah terlupakan buat saya.

Makan sore di rumah Arsa

Setelah makan sore, kami melanjutkan perbincangan dengan Arsa dan keluarganya, sehubungan dengan Rencana Pendakian kami ke Gunung Agung esok hari. Orang tua arsa menyarankan untuk kami menunda pendakian karena kondisi cuaca yang sangat buruk di bulan Februari, tapi tekat kami sudah membulat dan mengeras untuk melanjutkan pendakian. Untuk mempermudah pendakian besok pagi Orang tua arsa pun menyarankan agar kami menginap di rumah Nenek Arsa di daerah Sidemen, sebuah rumah adat keluarga yang tidak begitu jauh dari jalur masuk pendakian Pura Besakih.

Arsa sebagai anak laki-laki satu satunya di keluarga mempunyai hubungan yang sangat erat dengan Bapaknya, Like Father Like Son mungkin istilah yang tepat untuk menggambarkan Arsa dan Bapaknya, lawakan Bapak dan Anak yang selalu membuat kami semua tertawa terpingkal-pingkal.

Hari sudah sangat sore dan untuk menghemat waktu berangkatlah kami sore itu menuju ke Sidemen. Sebelum berangkat Orang Tua Arsa memberikan sebuah cindera mata yang sangat spesial yaitu sebuah Blakas, alat potong tradision Bali.

Blakas dan Pengutik

Pantai Amed

Perjalanan kami belum berakhir, dalam perjalanan menuju ke Sidemen kami menyempatkan untuk singgah di suatu pantai di timur pulau bali, Pantai Amed, lokasinya yang jauh dan cukup terpencil menjadikan pantai ini kurang di kenal, padahal pantai ini menyuguhkan pemandangan laut yang indah, pantai ini juga merupakan lokasi diving favorit turis mancanegara.

Pantai Amed setelah matahari tenggelam

Foto bersama di Pantai Amed

Malam di Sidemen

Perjalanan dari pantai amed menuju sidemen melewati perbukitan dengan jalan sempit yang gelap tanpa lampu, hanya hutan dan pepohonan yang terlihat di sepanjang perjalanan. Kurang lebih jam 8 malam kami baru tiba di rumah milik keluarga arsa. sebuah rumah tradisional khas Bali, setelah mandi dan bersih-bersih duren dan tuak sudah tersaji, siap menghangakan malam yang dingin di Sidemen. bersambung

Menghabiskan malam di Sidemen, ada durian yang nikmat dan juga tuak yang hangat

Satu lagi yang menarik tentang Amlapura, Amlapura juga pernah di jadikan lagu oleh penyanyi legendaris asal Inggris di era 70an David Bowie. ini liriknya :

Hey-hey it’s the tall sail
On a beach reach for java
Make way for to Java
Watching for Boogies
Hey-hey it’s a dreaming
I would burn you if you should die
Hey-hey I would burn too
If you should lie upon that bamboo pyre

I dream of Amlapura
Never saw in all my life a more shining jewel
I dream of Amlapura
Of an ocean or dream of a princess in stone

Hey-hey golden roses around
A rajah’s mouth
Hey-hey all the dead children buried standing
A flying Dutchman
Smoking gun and spice wind

I dream of Amlapura
Of a princess in stone
Hey-hey it’s a tall ship
Hey-hey
Hey-hey
Amlapura

Tagged , , , , , , , , , ,

3 thoughts on “Going To Amlapura

  1. arsa says:

    lagunya baru tau aku di…. bisa di copy nie…..

  2. […] : https://sarangpenyamun.wordpress.com/2012/09/19/going-to-amlapura/ Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this. Published: September 18, 2012 […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: