Tabanan – Bali

Setalah sampai di pelabuhan Gilimanuk, tujuan saya berikutnya adalah lampu merah Kediri kota Tabanan, disana seorang sahabat Pt (singkatan dari Putu) namanya akan menjemput saya, Tabanan merupakan kota kecil yang tenang, bersih dan sepertinya cukup nyaman untuk di tinggali, rencananya saya akan tinggal di rumah sahabat saya ini beberapa hari dan rumah sahabat saya ini lah yang akan menjadi basecamp selama saya di bali.

Bersama orang tua Pt di teras rumah yang sangat khas bali

Tak lama setelah bus menurukan saya di lampu merah Kediri Tabanan sahabat saya Pt pun tiba, kami pun langsung diantar menuju ke rumah nya, setiba kami di rumah Pt sambutan hangat dari kedua orang tua Pt, Keluarga Pt sangat ramah dan welcome membuat saya sedikit agak tidak enak karena sudah merepotkan dan akan sangat merepotkan. Kehidupan keluarga bali tidak berbeda dengan keluarga indonesia pada umumnya, keluarga Pt adalah keluarga dengan latar belakang Hindu yang taat, memegang teguh budaya dan adat istiadat, salah satu bentuk keluarga yang membaur ramah dengan lingkungan dan masyarakatnya.

Ummu dan Pt di bale bale rumah Pt tempat nongkrong favorit kami

Hal lain yang menarik adalah suasana khas dari rumah Pt, sangat bali dan nyaman, rumah utama terpisah dari dapur dan ada beberapa tempat khusus, seperti lumbung padi, ada kompleks semacam makam leluhur, terdapat bale-bale (tempat favorit kami untuk bersantai), dan ornamen pada teras rumah yang sangat artistik.

Sanggah, tempat pemujaan kepada leluhur

Jineg atau lumbung padi, dulunya biasa di gunakan oleh masyarakan bali untuk menyimpan padi atau bahan makanan

Siang itu kami habiskan dengan bersantai sambil berbincang bersama keluarga Pt, sembari beristirahat sambil menikmati suasana lingkungan rumah Pt. Kedatangan saya ke bali kurang lebih 1 minggu setelah hari raya kuningan dan sore itu beberapa anak-anak kecil yang masing masing membawa alat musik tradisional dan topeng barong menari dan memainkan musik di depan rumah Pt, anak anak ini cukup riang gembira, kegiatan yang di lakukan oleh anak-anak ini biasa disebut ngelawang, semacam hiburan rakyat yang di mainkan oleh anak-anak ketika hari raya, mereka berkeliling desa sambil menari dan memainkan alat musik tradisional, biasanya para warga memberikan uang secukupnya kepada para anak-anak ini.

Ngelawang – hiburan yang di lakukan oleh anak-anak tabanan ketika hari raya dengan memaikan alat musiktradisional dan membawa tarian dengan barong

Ummu berfoto bersama para rombongan anak-anak yang ngelawang

Setalah menikmati tradisi ngelawang. Tujuan pertama kami sore itu adalah Tanah Lot yang tidak begitu jauh dari rumah Pt. Sore itu hujan turun cukup deras, namun kami tetap berangkat menuju Tanah Lot, di antar langsung oleh kedua orang tua Pt. Tidak banyak yang dapat di lihat di Tanah Lot karena hujan yang cukup deras. Kami menunggu paling tidak sampai matahari terbenam namun hingga langit gelap pun hujan masih saja mengguyur dan kami pun harus pulang dan mungkin besok atau lusa kami kembali lagi ke Tanah Lot.

 Pengunjung Tanah Lot yang tetap ingin menikmati keindahan tanah lot walaupun hujan

Jalan masuk menuju Tanah Lot yang basah dan becek karena hujan

Gapura masuk Tanah Lot

Goa Ular Suci

Wisatawan yang ingin menyeberang ke Pura pulau kecil dalam kondisi hujan dan arus yang deras

Tanah Lot

Tanah Lot

Pura Batu Bolong

Tagged , , , , , , , ,

2 thoughts on “Tabanan – Bali

  1. tukangpentol says:

    wah ternyata bener foto dari sini yang ada di HT kaskus…😀

    http://www.kaskus.co.id/thread/529cfaa7bfcb17f34400022c

  2. mumu says:

    akhirnya tercapai mimpiku utk merasakan kehidupan di Bali, nginep di rumah Bali, kuliner Bali, jalan2..ini edisi 1, ujan-ujanan di Tanah Lot hehee..so sweet😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: