bermalam di siung, pantai cadas yang eksotis

Pantai siung dari atas bukit

Bagi anda yang pernah berkunjung ke kota Yogyakarta, mungkin nama pantai Parangtritis sudah tidak asing lagi di telinga anda. Tapi apakah anda pernah mendengar nama pantai Siung? Pantai Siung terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, berjarak sekitar 90km dari pusat Kota Jogja. Perjalanan dari Jogja dapat ditempuh kurang lebih 2 sampai 3 jam melewati kota wonosari.

Malam di pantai siung, berkumpul mengelilingi api unggun

Kami berangkat sekitar pukul 15.00 dengan menggunakan kendaraan pribadi, untuk mencapai pantai ini tidak ada alternatif lain kecuali menggunakan kendaraan pribadi karena belum adanya jalur transportasi umum menuju pantai ini. Kondisi kendaraan juga harus dalam keadaan baik dan layak jalan karena lokasi pantai ini terbilang cukup jauh berada di bagian paling ujung deretan pantai selatan, selain itu tidak adanya bengkel atau perumahan penduduk di sepanjang jalan dari kota Wonosari menuju ke pantai Siung. Walaupun perjalanan yang kami tempuh cukup jauh tetapi sangat tidak membosankan, jalurnya yang naik turun dan berkelok, tikungan-tikungan curam yang sempit membuat perjalanan malah menjadi lebih asik untuk dinikmati.

Malam, para sahabat, pantai, bintang, gitar dan api unggun

Setiba kami di pantai hari sudah sangat sore karena langit sudah mulai menguning. Beberapa pengunjung pantai terlihat sudah meninggalkan pantai untuk kembali menuju ke rumah masing-masing dan dengan segera kami mendirikan tenda sebelum malam datang atau hujan membasahi kami, sambil menikmati matahari yang terbenam kami mendirikan tenda sambil beberapa rekan yang lain menyiapkan makan malam dan mencari kayu bakar untuk membuat api unggun, tidak ada tenda dari pengunjung lain pada malam itu pantai Siung serasa seperti milik sendiri. kami menghabiskan malam sambil bernyanyi diiringi gitar menikmati malam yang penuh bintang-bintang dan nayala api unggun, menjadikan kebersamaan semakin hangat hingga akhirnya kami tertidur di iringi suara ombak.

Tenda di pinggir pantai

Hampir semua pantai di bagian selatan pernah saya kunjungi, dan bagi saya pantai siung adalah pantai yang paling indah di jajaran pantai selatan, pantai ini memang tidak sebesar pantai prarangtritis atau pantai Parangkusumo dan juga tidak seramai pantai yang lain yang ada di pantai selatan mungkin karena jaraknya yang cukup jauh tapi itulah yang menjadikan pantai Siung berkesan pribadi dan suasana seperti inilah yang memang saya cari.

pantai siung

Waktu menunjukkan pukul 5 pagi ketika saya terbangun karena alarm yang sengaja saya pasang berbunyi, melawan rasa ngantuk dan angin dingin pantai di pagi hari kami berniat menaiki bukit karang karena salah satu tujuan saya mengunjungi pantai ini adalah untuk dapat menikmati matahari yang terbit di bukit tersebut. Medan di bukit ini tidak terlalu berat dan jaraknya juga tidak jauh. Sesampainya kami di bukit yang menurut kami paling tinggi dimana tidak ada jalan lagi untuk dilewati, di sinilah kami beristirahat dan menunggu munculnya sang mentari pagi. tapi sayang sunrise tidak terlihat kerena tertutup oleh bukit-bukit lain yang lebih tinggi, sama halnya seperti pantai-pantai lain di jajaran pantai selatan kita tidak bisa menikmati matahari terbit karena tertutup oleh daratan dan bukit bukit, tapi pantai-pantai di selatan ini sangat tepat untuk menikmati matahari yang terbenam.

Menelusuri perbukitan di pantai siung

Ketika matahari mulai meninggi, kami pun berjalan kembali menuruni bukit untuk kembali ke tenda, pemandangan laut dari atas bukit yang sangatlah indah, terlihat deburan ombak, hamparan karang-karang dan tebing-tebing yang tinggi. Di sini baru terlihat ke eksotisan sesungguhnya dari pantai ini, ketika kami sampai ke tenda, pantai ini masih sangat sepi, serasa memisahkan pantai ini dari dunia luar. Hanya ada beberapa warung kecil yang menjual makanan, tetapi tidak ada penjual makanan dan minuman yang berseliweran menjajakan makanan di sekitar pantai sehingga membuat pantai ini sangat bersih hampir tidak ada sampah yang terlihat mengapung di pantai, air lautnya yang juga sangat jernih berwarna biru kehijau-hijauan dengan karang-karang berserak di bibir pantai. Pantai yang masih sangat terasa kealamiannya.

Pemandangan dari atas bukit

Menurut cerita penduduk setempat pantai ini dinamakan Siung karena salah satu batu karang besar di pantai ini yang menyerupai gigi monyet (siung wanara) makanya nama siung di berikan untuk pantai eksotis ini, pantai Siung berjejer dengan pantai-pantai lain seperti baron, kukup, drini, krakal, sundak, tapi berbeda dengan pantai-pantai tersebut, pantai siung berbentuk hurup U menjorok ke dalam daratan dan kanan kirinya berupa batu-batu karang besar yang menyerupai diding, tebing-tebing karang yang cukup tinggi dan extreme inilah yang juga menjadi salah satu keunikan pantai siung. Tebing-tebing cadas yang kokoh, tinggi dan alami yang tercipta dengan sendirinya.

pemandangan dari atas karang pantai siung

Bagi anda yang hoby atau ingin mencoba memanjat tebing batu (rock climbing), pantai Siung adalah lokasi yang tepat tapi sayangnya tidak ada penyewaan alat panjat di pantai ini, dan Anda tidak diperkenankan untuk menciptakan point panjat yang baru, jadi cukup dengan menggunakan point panjat yang sudah ada. Tentunya sebelum memanjat terlebih dahulu kita harus melapor kepada orang yang berkepentingan atau penduduk setempat yang berkepentingan. Para pencinta olah raga rock climbing dan mapala di sekitar jogja biasa menjadikan pantai ini tempat latihan atau perlombaan, mungkin tidak banyak yang tahu pada tahun 2005, pemerintah DIY secara resmi menyatakan pantai siung sebagai kawasan minat khusus panjat tebing.  Dan banyak orang menyebut pantai siung sebagai “ the best rock climbing site in Jogjakarta”.

pantai siung dan bukit karang nya

Di pantai ini juga sudah tersedia mushola, toilet dan kamar mandi umum, Tapi sayangnya belum tersedia villa atau penginapan yang berkelas, hanya tersedia pondok kecil sederhana berdinding kayu beratap seng milik penduduk yang disewakan dengan harga berkisar 30.000 – 50.000/malam, jadi jika anda ingin bermalam di pantai ini menurut saya mendirikan tenda di pinggir pantai adalah pilihan yang paling tepat. Parkiran kendaraan pun sudah tersedia di pantai ini jadi anda bisa menikmati eksotisnya pantai siung tanpa harus khawatir dengan kendaraan anda. Biaya parkir menginap untuk motor 5000/ malam untuk mobil 10000/malam. Biaya masuk ke pantai ini pun tidak mahal hanya 3000/orang.

bukit karang di sisi kiri pantai siung

Masih sama seperti pantai selatan yang lain, ombaknya yang ekstrim, karang yang tajam sehingga pengunjung dilarang untuk berenang. Jika anda ingin menikmati berenang di pantai selatan, anda harus  menyewa kapal nelayan untuk membawa anda sedikit ke tengah perairan yang airnya lebih tenang agar anda bisa berenang dengan aman. Tetapi walau hanya sekedar untuk bermain-main air di pinggir pantai juga cukup menyenangkan sambil tetap berhati-hati dengan datangnya ombak besar yang bisa sewaktu-waktu menghantam dan menyeret anda, dan jika terjadi masalah anda tidak perlu kawatir di pantai ini juga sudah disiapkan tim SAR yang di bentuk oleh warga sekitar pantai yang siap membantu anda.

pantai siung

Jadi bagi anda yang ingin berlibur ke kota Jogja, pantai siung adalah salah satu wisata alam yang wajib untuk anda kunjungi. Dan akhirnya sebelum siang kami pun mengemas tenda dan semua perlengkapan untuk kembali ke jogja dan melanjutkan perjalanan ke tempat yang lain, tidak lupa kami juga membawa serta semua sampah agar pantai ini tetap bersih dan eksotis sampai anak cucu kita.

rose sedang menikmati bermain air di pantai siung

Tagged , , , , , , ,

2 thoughts on “bermalam di siung, pantai cadas yang eksotis

  1. […] pasirpantai.com, sarangpenyamun.wordpress.com, gunungkidulonline.com, ensiklopediaindonesia.com, http://www.toursvirtual.com, budiuzie.wordpress.com, […]

  2. […] sudah cukup terkenal akan wisata pantainya, nama-nama seperti pantai Baron, Sundak, Indrayanti dan Siung pasti sudah tidak asing lagi bagi yang sudah pernah singgah di Kota Gudek […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: