Pantai Baron dan Kukup

Pantai Baron

Suasana pantai baron, penuh dengan perahu perahu nelayan yang di parkirkan

Salah satu wisata alam yang terkenal di jogja adalah pantai. Dan ini adalah pertama kalinya saya mengunjungi pantai yang ada di jogja atas referensi dari beberapa teman berangkatlah saya ke Pantai Baron, dengan menggunakan motor dari jogja jarak tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan menuju pantai ini, jalur perjalanan juga cukup mengasikkan naik turun dengan tikungan – tikungan tajam.

Pantai Baron

Lokasi pantai ini melewati kota kecil wonosari, petunjuk arah pun cukup jelas, jadi kemungkinan untuk nyasar relatif kecil. Pantai Baron adalah pantai pertama setelah pos retribusi wisatawan. Kami tiba di Baron pukul 12 siang, suasana pantai hari minggu siang itu cukup ramai dengan pengunjung, pedagang dan warung warung makan. Pantai barong berbentuk cerukan ke darat dan bibir pantai juga tidak terlalu luas. Bagi saya pantai baron biasa saja terkesan sumpek dan sempit.

View pantai Baron, beberapa orang sedang memandang ke laut

Karena rasa bosan Jam 3 sore kami rencananya kembali ke jogja, sampai di parkiran motor saya sempat berbincang dan bertanya dengan beberapa penjaga parkir yang sibuk mengeluarkan motor – motor kami, dan ternyata pantai di gunung kidul bukan cuma Baron, 10 menit dari baron masih ada lagi pantai namanya Kukup. Waktu masih cukup banyak jadi tanpa pikir panjang akhirnya berangkatlah kami ke pantai Kukup.

Beberapa wisatawan sedang asik bermain voly menggunakan bola plastik

Pantai Kukup

Salah satu bagian yang menarik di pantai Kukup, Gazebo di atas karang dengan jembatan penghubung

Pantai Kukup adalah pantai kedua setelah pantai Baron, Kukup berjarak kurang lebih 10 menit dari pantai Baron. Setelah memarkirkan kendaraan kami harus berjalan kaki beberapa meter menuju pantai ini karena tempat parkir kendaraan cukup jauh dari pantai. disini kami hanya membayar biaya parkir motor, untuk biaya retribusi cukup di bayar satu kali di gerbang masuk pos restribusi sebelum pantai Baron.

Pemandangan di pantai Kukup

Pantai Kukup jauh lebih bagus dibanding pantai Baron, bibir pantai nya yang luas dan terbuka. Pantai yang cukup menarik dengan gazebo di tengah karang yang di hubungkan dengan jembatan. Tapi sayang sama seperti pantai Baron dan pantai – pantai lain di Gunung Kidul di pantai Kukup wisatawan dilarang untuk berenang. Pantai di Gunung Kidul terkenal akan ombaknya yang ganas, karangnya yang tajam, dan palungnya yang dalam.

Pantai Kukup, Beberapa wisatawan sedang sibuk dengan aktivitasnya masing – masing

Kebanyakan pengunjung pantai menghabiskan waktu dengan memancing, bermain air, mengumpulkan kerang, atau sekedar menikmati keindahan pantai. Pantai Kukup cukup memuaskan harsrat kami, hingga senja datang kami masih asik menikmati pantai ini, tapi sayang di pantai ini kami tidak bisa menikmati sunset.

Bersantai sambil berfoto di bawah karang sambil menikmati kelapa muda

Saya juga sempat berbincang dengan beberapa penduduk sekitar dan ternyata selain pantai Baron dan Kukup masih banyak pantai – pantai lain setelah pantai Kukup, lain waktu saya akan menjelajah setiap jejeran pantai yang ada di gunung kidul. Langit sudah gelap ketika kami meninggalkan Pantai Kukup untuk kembali ke jogja.

 Sore di pantai Kukup, beberapa wisatawan terlihat meninggalkan pantai untuk kembali pulang

Tagged , , , ,

3 thoughts on “Pantai Baron dan Kukup

  1. […] Pantai Baron via sarangpenyamun.files.wordpress.com […]

  2. […] Gunung Kidul di Yogyakarta sudah cukup terkenal akan wisata pantainya, nama-nama seperti pantai Baron, Sundak, Indrayanti dan Siung pasti sudah tidak asing lagi bagi yang sudah pernah singgah di Kota […]

  3. […] merupakan sebuah nama pantai yang ada di daerah Gunung Kidul, letaknya bersebelahan dengan pantai Kukup. Dari jogja bisa di capai dengan menggunakan mobil atau motor, dengan lama perjalanan kurang lebih […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: