free and open source

disadur dari -> http://slowrider.blog.friendster.com/2007/12/free-and-open-source/

GNU/linux adalah sebuah sistem operasi yang sifatnya free dan opensource, free disini bukan berarti gratis saja tapi lebih mengacu kepada kebebasan kepada setiap penggunannya dan open sorce artinya source code atau kode sumber (berbentuk bahasa pemrograman) dari software itu sendiri selalu disertakan dalam pendistribusiannya dan penyebarannya, sehingga siapapun dimanapun kapanpun dapat merubah, mengembangkan, menyeberluaskan kembali, bahkan menjual kembali software tersebut.
Linux itu besar dan tumbuh di internet, Linux adalah buah hasil karya seorang Linus Torvald dan GNU merupakan hasil karya seorang Richard M Stalman, GNU/Linux sampai sekarang ada dan berkembang juga berkat kontribusi dari seluruh orang penggunanya didunia

Semua berawal dari kekesalan dan kebosanan saya terhadap software2 dan OS (Operting System) yang dulunya biasa saya gunakan sehari-hari, dalam hal ini MS windows* (microcrot winjrot hihihi) selalu crash, dikit2 kena virus, mahal, tertutup dan yang paling parah menurut saya, saya tidak bisa bebas melakukan apa yang saya mau terhadap software tersebut (merubah, mengembangkan, menyebarluaskan dan lain sebagainya) intinya saya sudah merasa bingung mau melakukan apa lagi dengan OS ini dan mulai mentok menggunakan windows, karenan saya hanya bersifat sebagai pengguna yang tidak bisa berbuat banyak terhadap software yang saya gunakan, untuk pengembangan, perbaikan, update semua tergantung dari perusahaan yang membuat software tersebut dan itupun mahal biayanya, padahal pada waktu itu saya hanya seorang mahasiswa rantau yang sangat haus akan pengetahuan dan sangat minim akan uang (pada waktu itu saya belom tau sama sekali yang namanya istilah software lisence, copy right, free software, copy left, dll sebagainya, yang penting itu software gw install jalan).

Akhirnya berkat dari mempelajari bahasa pemrograman C (dewa bahasa pemrograman) saya menyadari bahwa rupanya masih banyak sistem operasi lain di dunia ini, saya coba untuk mencari dan menelusuri, berbagai macam OS saya coba dan pencarian saya pun mempertemukan saya dengan sistem operasi keturunan Unix sangar berlogo pinguin imut bernama GNU/Linux melalui seorang teman bernama Abdul Hamid/aan (bawah tanah) yang dengan senang hati meminjamkan kemudian mengiklaskan cd slackware 7 nya, ya slackware 7 merupakan distro linux pertama yang saya install dan saya gunakan di komputer saya

(dulu linux belom seperti sekarang, dulu banyak orang mengganggap linux sesuatu yang aneh dan hanya untuk orang2 aneh, bahkan masih banyak yang tidak tau apa itu linux, linux dulu masih jarang digunakan)

tanpa mencari tahu sejarah, asal usul, teori, teknis dan bimbingan tentang linux saya langsung mencoba dan ternyata banyak yang harus saya korbankan mulai dari penggantian hardware sampai hilangnya data2 penting, dan dalam kehidupan pribadi pun banyak yang harus saya tinggalkan, jarang kuliah, jarang mandi, jarang tidur, jarang ngumpul dan nongkrong bersama teman, jauh dari wanita, sampai sindiran, cacian dan makian pun berdatangan, tapi menurut saya itu semua wajar dan biasa saja karena saya disini bukan untuk bersenang2 tapi untuk belajar. Dan kuliah juga bukan berarti harus di kampus ketemu temen nongkrong di depan kelas kalo gak ada dosen atau kalo ada dosen harus mendengarkan itu dosen yang tidak bermutu yang bisanya cuap cuap gak jelas, trus ngusir saya karena pake sendal jepit atau karena banyak berdebat dan ribut di kelas. (maaf tidak semua dosen seperti ini tapi ada beberapa)

pada awalnya memang sulit, terasa sulit karena belom terbiasa dan keterbatasan ilmu yang saya miliki tapi tetep exited, seiring waktu saya mulai memahami seperti apa linux itu, sejarah linux dan GNU, cerita dibalik tumbuhnya linux, sampai penggunaan linux itu sendiri, membuat saya terinspirasi dan ternyata benar linux adalah OS yang sangat OK bagi saya, dapat memenuhi hasrat saya yang hobi membongkar komputer karena linux hampir tidak memiliki keterbatasan dalam konfigurasi, pada dasarnya linux itu cukup mudah kalo kita mau mencoba, saya banyak… banyak sekali belajar dari linux, mulai dari linux nya itu sendiri, sampai dengan system operasi lain bahkan hal-hal lain, linux membuat saya lebih aktif, lebih baik, lebih kreatif, lebih mengerti, lebih rendah diri, linux begitu powerful dangan bentuknya yang kecil, untuk programming, networking, multimedia, office, design, games, dan lain sebagainya, bahkan linux OS menjadi pilihan untuk para hacker baik local maupun internasional, sampai saat ini pun saya masih terus belajar dan belajar karena saya masih terlalu bodoh, yang namanya belajar kesulitan pasti ada dan bagi saya kesulitan itu adalah inti dari sebuah pembelajaran

linux sudah gratis bisa belajar lagi, terus saya bebas mau berbuat apa saja dengan linux saya, gak perlu repot beli atau nyari tukang jual cd bajakan, sekarang saya tinggal donlot via internet atau tinggal minta kirim via pos gratis langsung sampe rumah, memakai linux mengurangi pembajakan software, jikalau semua orang di Negara ini pake linux asli jadi ‘pinter’  Indonesia tercinta (padahal banyak banget orang Indonesia yang pinter2 ya tapi…), kita jadi tidak bergantung dengan perusahan negara lain untuk urusan IT, tapi kebanyakan orang di Negara ini terlalu malas (termasuk saya kadang2), malas untuk belajar, malas untuk tau dan gak mau tau, hanya menunggu dan bergantung kepada bangsa lain (ini bukan saya), saya tidak mempermasalahkan software atau OS apa yang kita pake tapi yang penting jangan membajak dan melanggar hukum, hargailah hasil karya orang lain
kurangnya dukungan dan sosialisasi dari pemerintah atau instansi terkait dalam hal ini pendidikan juga menjadi salah satu faktor sih (Cuma asal jadi doang igosnya), punya igos tapi ko gak di pake… jadi buat apa pak? Buat pajangan igosnya hihihi maaf saya jika sok tau

banyak kalangan yang masih mengganggap linux sebagai sistem operasi alterhatif, sangat tidak adil menurut saya jika linux di katakan sebagai sistem operasi alternatif,  hanya karena harga sistem operasi windows terlalu mahal atau karena undang undang haki mulai berlaku di negara ini, serta merta banyak perusahaan atau instansi yang langsung berpindah ke linux, coba jika lihat dari sisi kegunaan dan keutungan nya, bayangkan jika tidak ada linux yang menjadi email server di kantor anda, atau menjadi web server perusahaan anda, atau menjadi firewall yang melindungi jaringan anda, windows anda yang anda anggap utama dan mahal sekalipun belum cukup tangguh untuk menandingi kehandalan linux untuk hal yang satu ini, berapa banyak perusahaan di indonesia ini yang bergantung kepada sistem operasi linux, linux bukan alternatif.

kadang saja juga membayangkan kalo di Negara kita dari tingkat SD sudah dikenalkan dengan komputer ber OS linux, walau pun cuma sekedar buat game dan belajar ngetik, pasti kedepannya bakal pake linux terus karena sudah dari kecil dibiasakan, lha ini malah mengenalkan produk mahal buatan perusahaan milik salah satu orang paling kaya sedunia dari Negara lain yang tujuannya jualan dan menjadikan Indonesia ladang uang mereka, takutnya bakal terus gitu kita ampe tua, terbiasa, tergantung dan selalu membeli, gak bakal bisa mandiri kita, trus kita juga gak bisa belajar (belajar menciptakan bukan membeli), tar kalo udah gak kebeli ngebajak, jadilah kita bangsa yang pintar membajak. Tenang lah pak jangan ngomong susah dan kurang tenaga ahli di bidang linux, ahli linux banyak dukungan juga banyak jadi jangan takut untuk memperkenalkan linux di dunia pendidikan sejak dini (tapi sekarang ahli linux banyak yang materialistis hihihi)

akhir kata, sebagai orang yang belajar di bidang IT saya merasa beruntung kenal linux, sangat beruntung karna linux telah membawa saya jauh, membuat saya lebih mengerti dan bisa berkembang sampai sekarang
dan sebagai seorang warga negara indonesia saya bangga menggunakan linux, saya tidak membajak dan bisa berkarya, menyalurkan hobi, bisa ikut sedikit membantu mencerdasakan bangsa (walau Cuma sekedar cuap-cuap doang dan dalam ruang lingkup kelas dan lingkungan sosial yang sangat kecil pula)
dan sebagai seorang individu yang tinggal di muka bumi saya sangat senang bisa memberikan kontribusi walau hanya secuil terhadap software2 opensorce yang nantinya dapat digunakan dan dikembangkan kembali oleh seluruh orang di dunia
dan secara pribadi saya suka filosofi yang dibawa oleh software yang bersifat free dan opensource, saya pencinta kebebasan, saya menyukai keindahan, saya senang berbeda dengan yang lain.

TERIMA KASIH banyak bagi siapa saja yang telah meluangkan waktu membaca tulisan kecil yang asal asalan ini, semoga menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat, maaf jika ada kata-kata yang salah dan kurang berkenan, bukan maksud menyinggung atau menjelek2kan suatu merk, orang atau Negara lain tapi tulisan ini adalah isi hati dan pemikiran saya, kritik, saran, cacian dan makian kirimkan saja langsung ke saya, wassalam

may the source be with u

-sarangpenyamun-

Leave a Reply

